Fun Time #4 : Percobaan Tipuan Mata (Mengenal Thaumatrope)

Kali ini saya ditodong bikin percobaan sains sama si Abang yang terinspirasi dari buku Ilmuwan Cilik karya Lisa Burke. Nah, malam ini kam...

Percobaan Tipuan Mata (Mengenal Thaumatrope)
Kali ini saya ditodong bikin percobaan sains sama si Abang yang terinspirasi dari buku Ilmuwan Cilik karya Lisa Burke. Nah, malam ini kami mau membuktikan tentang adanya ilusi penglihatan dengan Percobaan Tipuan Mata (Mengenal Thaumatrope). Langsung kita tengok yuk Mommies!

Alat dan Bahan :
1. Kertas warna
2. Ballpoint / spidol
3. Clay
4. Tusuk sate / lidi
5. Selotip
6. Jangka / cetakan lingkaran
7. Gunting


How To Make it?
1. Buat 2 buah lingkaran dari kertas. Bisa menggunakan jangka atau cetakan berbentuk lingkaran.
2. Gambar sangkar burung di kertas pertama, dan burung dengan ukuran lebih kecil di kertas kedua.
3. Tempelkan masing-masing kertas pada lidi, letakkan saling memunggungi dan tempelkan satu sama lain menggunakan clay.
4. Putar lidi dengan kedua tangan secepat mungkin dan lihat apa yang terjadi ^_^



"Thaumatrope sendiri ditemukan oleh Peter Mark Roget, yang sebenarnya adalah animasi tradisional pada era Victoria"


So, apa yang kita lihat? Yup! Seolah-olah burung berada di dalam sangkar! Inilah yang disebut dengan thaumatrope, salah satu bentuk tipuan mata. Thaumatrope sendiri ditemukan oleh Peter Mark Roget, yang sebenarnya adalah animasi tradisional pada era Victoria. Dan mulai di demonstrasikan menggunakan teori fenomena Phi, yaitu sebuah ilusi mata yang diakibatkan karena melihat pergerakan dari dua objek benda secara terus menerus dan cepat, pada tahun 1824 di hadapan Royal Collage of Physicians.

Pada percobaan ini, otak kita merekam sebuah gambar sedikit lebih lama dari waktu yang sebenarnya. Kemudian, otak menggabungkannya dengan gambar kedua yang juga terekam lebih lama daripada waktu sebenarnya. Jadilah muncul dua gambar terpisah secara bersamaan dan otak kita menggabungkannya menjadi sebuah gambar bergerak, sehingga mengakibatkan timbulnya fenomena Phi tersebut.

Mungkin bagi para orang dewasa hal semacam ini sih biasa saja, atau "semua orang juga tau" walau saya yakin sebenarnya tidak. Namun bagi anak-anak? Begitu kertas diputar si Abang langsung berteriak "Wow, kereen!". Dari hal sederhana kita bisa memperoleh pengetahuan tak terhingga. Selamat mencoba Percobaan Tipuan Mata (Mengenal Thaumatrope) ya Mommies..

Salam Hangat,

Related

Fun Time 1850779373156038696

Post a Comment

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

item