Optimalkan Otak Anak untuk Menghafal Al-Qur'an

MENGOPTIMALKAN OTAK ANAK UNTUK MENGHAFAL AL-QUR’AN . Rasul SAW bersabda : خيركم من تعلم القرآن وعلمه “sebaik-baik kalian adalah yang ...

Optimalkan Otak Anak untuk Menghafal Al-Qur'an
MENGOPTIMALKAN OTAK ANAK UNTUK MENGHAFAL AL-QUR’AN.

Rasul SAW bersabda : خيركم من تعلم القرآن وعلمه “sebaik-baik kalian adalah yang belajar alquran dan mengajarkannya”. Alquran adalah satu satunya kitab yang dihafal jutaan manusia, dari berbagai usia, anak-anak, balita, dewasa, hingga usia senja. Karena Allah berjanji bahwa Alquran sangat mudah untuk dihafal. Dalam pepatah arab dikatakan : 
التعلم في الصغر كالنقش على الحجر
belajar diwaktu kecil bagaikan mengukir diatas batu

Belajar diwaktu dewasa bagai mengukir diatas air. Bertolak dari pepatah tersebut maka sebagai orang tua hendaknya kita mulai mengajarkan al quran sedini mungkin, lebih kecil lebih bagus, karena informasi tersebut akan melekat  pada otak anak. Mungkin ada yang bertanya : gimana cara menghafalkan Alquran sedang anak saya belum bisa membaca? Untuk menjawab pertanyaan ini sama halya dengan pertanyaan, berapa banyak orang buta yang hafal Alquran dengan proses mendengar? Balita diusia 5 tahun juga lengkap hafal 30 juz dengan proses mendengar atau dalam bahasa arab disebut "simaah".

Mengoptimalkan otak anak untuk menghafal Alquran harus kita lakukan, karena kita mulia dengan Alquran dan hina dengan Alquran. Dengan hafal Alquran outputnya adalah bangkitnya kebudayaan Islam dan munculnya para tokoh tokoh mulia. Para gubernur pada masa Dinasti Umayyah rata-rata mereka bekas budak yang dipilih karena mereka adalah para penghafal Alquran.

Menghafal alquran saja sudah cukup :
1. Mendapat janji-janji Allah
2. Akan muncul metamorfase dalam dirinya :
-diliputi sifat penyayang.
-dijaga malaikat.
-diliputi ketenangan.
-Allah dan malaikat akan selalu menyebut mereka.
3.Menghilangkan sifat unsur  syaithoniyah berfungsi sebagai ruqiyah.
4.Pembebasan diri dari syaitan.
5. Memiliki sifat sabar.
6. Memiliki sifat teliti.
7. Memiliki manejemen waktu bagus.
8. Murah senyum.
9. Mudah berperan dimasyarakat.
10.Disenangi masyarakat.
11. Muncul sifat kepemimpinan.
12. Ditolong wali wali Allah.

Tahfidzul Quran pada usia anak layaknya Daud dengan besi, anak-anak yang sudah siap Al-quran umur 3 tahun, seperti kisah Nabi Yahya. Jika anak- anak cenderung suka bermain, maka umur 7 tahun (sebagaimana Imam Syafii, Jarir At-thobari). Dan terakhir, sblm usia 14 tahun sebagaimana para ulama sudah hafal Al-quran sebelum akil balig.

Beberapa makanan pendamping untuk menghafal alquran :
1. Kurma 
2. Susu.
3. Zabib ( anggur yang dikeringkan)
4. Zaitun dan buah tin.
5. Madu sebagai zat gula untuk otak, dan zat gula terbaik yang berasal dari bahan alami.
6. Air zam zam.

Mulailah dari yang termudah, konsisten dan komitment. Dari awal mulai melangkah dengan kitab Allah, bergabunglah dengan tempat-tempat tahfidz, karena syaitan ada ketika kita sendiri, maka ketika kita berjamaah maka dia akan menjadi lemah. 

Sesi Tanya Jawab
Pertanyaan pertama dari bunda Aan: 
Apa kiat khusus / tips untuk murajaah?. Karena berdasarkan pengalaman, lebih susah menjaga hafalan daripada saat menghafal. Ini buat ortu juga anak (Aan, ibu dua anak, 15thn dan 8 thn).
Jawaban dari Ustadzah Ida:
Ok. Untuk murojaah prinsip dasarnya ketika anak telah hafal beberapa juz dari Al-quran maka hendaknya ia melakukan murojaah seperempat dari yg dia hafal.
Dan untuk tips murojaah banyak caranya: 
1. Murojaah bi an nadr. Dengan melihat mushaf.
2. Murojaah bil ghoib. Tanpa melihat mushaf.
Bisa juga dengan cara, bunda satu ayat dilanjutkan ayat selanjutnya untuk putra putrinya. Hal ini sangat menyenangkan karena ibu atau ayah bisa ikut langsung dalam murojaah tersebut. Bisa juga murojaah untuk anak usia 15 tahun dengan menjadikannya iman dan membaca hafalan yang ia baca, biasanya setiap satu malam satu 1/4 juz sudah sangat bagus klu bisa dilakukan terus menerus. Atau bisa juga dengan menjadikan hafalan kita sebagai wirid harian, seperti setiap habis subuh murojaah bareng satu keluarga setengah dari juz 30 misalnya, dan ini yg biasa dilakukan oleh keluarga duktur kamil sekeluarga yg ketiga putranya hafal alquran diusia 4,5 tahun.
****

Pertanyaan kedua dari bunda Mey:
Masyaallah, ternyata ada makanan yang juga bisa mengoptimalkan anak untuk dapat menghafal ya Ustadzah, saya merasa terlambat membiasakan hafalan kepada putri saya, tetapi sekarang kami sedang mengejar ketinggalan tersebut. USIA putri saya sekarang 13 th (sudah baligh), bagaimana cara yang efektif untuk mengoptimalkan hafalan di USIA ini? Mohon penjelasan Ustadzah Ida. Jazzakillah.
Jawaban dari ustadzah Ida:
Bismillah, tidak ada kata terlambat, yang terpenting kalau ibu bisa cari biaah (lingkungan yang mendukung), yang utama dari keluarga, sekolah, masyarakat dll. Mulailah dari diri sendiri, karena kebaikan itu akan menular sebagaimana ahlak yang buruk juga menular. Untuk usia remaja sebetulnya adalah usia-usia mudah dan susah. Jika sudah bisa mengendalikan akan mudah, karena biasanya usia setelah 13 tahun dalam hal hafalan sangatlah cepat. Seperti yang kita tahu pembagian usia menurut islam; 0-7, 7-25, 25-40, 40-60 / sampai meninggal. Di usia 13 tahun bisa kita lejitkan jika lingkungan sangat bagus. Jika tidak dipesantrenkan atau di sekolah islam, kita bisa membentuk lingkungan yang islami itu sendiri. Setan jika kita lawan sendiri maka ia akan kuat, namun jika kita lawan bersama-sama, setan akan melemah. Maka salah satu cara untuk membentuk lingkungan yang baik untuk hafalan; mencari guru yang kaya dan fasih hafalan, orang tua harus luangkan waktu minimal satu jam. Hafalan Al quran seiring waktu akan seperti matematika, menjadi sebuah pembiasaan. (intisari dari voicenote)
*****

Pertanyaan ketiga dari bunda Faizza:
Peran makanan pendamping yang disampaikan ustazah tadi bagaimana? Sepertinya itu makanan yg sedikit asing di Indonesia. Kemudian, sebenarnya ada apa tidak ya "anak yang susah menghafal Al Qur'an" itu?
Jawaban dari Ustadzah Ida:
Kalau pun kita tidak bisa mengkonsusmsi semua paling tidak tiga dari makanan itu bisa kita berikan kepada anak, seperti susu, madu, dan kurma. Tidak ada dalam makanan dan minuman rasul berdoa seperti pada susu, beliau menambahkan doa Allahumma bariklana wa zidna fiih, dan susu juga salah satu minuman yang juga berfungsi sebagai makanan.

Betul masing masing anak berbeda, tapi insya Allah bila kita buat target juga untuk mereka akan bisa tercapai pula, bukan kemudian kita tinggalkan. Afwan kalau sempat beli buku ini (Rahasia Sukses 3 Hafizh Quran Cilik Mengguncang Dunia, penerbit Zikrul, penulis: Fathin Masyhud, Lc. MHI dan Ida Husnur Rahmawati, Lc. MHI) dan baca bisa antum tanyakan hal-hal yang kurang jelas dalam buku ini. Apakah masing-masing anak bisa menghafal? Bisa dilihat di foto buku tersebut, yang tengah bernama Tabarok bisa menghafal Quran saat usia 4.5 tahun, orang tuanya ingin adiknya yang bernama Yazid (gambar sebelah pinggir) juga mengikuti jejak kakaknya. Namun ternyata Yazid tidak bisa secepat Tabarok. Tapi orang tuanya terus berusaha untuk memperdengarkan metode yang sama mereka lakukan pada Tabarok. Alhamdulillah setelah biasanya sehari cuma setengah lembar, lama-lama sehari bisa dua setengah lembar. Dari situ kita bisa mengambil kesimpulan, ketika sesuatu hal dilakukan terus-menerus, bagaikan otot -otot ketika kita minta kerja terus-terusan, otok akan semakin kuat, begitu pula dengan otak kita. (intisari dari voicenote)
****

Pertanyaan keempat dari Bunda Titin:
Assalamu'alaikum ustadzah ida. Saya Titin, anak saya 14thn, 6thn dan 3bln. Ustadzah,
1. klo hanya menghafal ayat saja tanpa menghafal terjemahnya, apakah Al qur'an bisa memberikan manfaat bagi penghapalnya? 
2. Hapalan anak saya saat ini hanya memenuhi tuntutan akademis. Bagaimana supaya hapalannya itu menjadi salah satu amalan ibadah.
Jawaban dari Ustadzah Ida:
Pertanyaan bagus, mukjizat Alquran telah terbukti ribuan tahun, dari masyarakat yang paham bahasa arab dan yang tidak paham bhs arab.
1. Hadist rasul yang berbunyi: Barang siapa yang membaca satu huruf dari al quran maka baginya 10 kebaikan, dan aku tidak mengatakan الم  satu huruf, tp aliif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf. Untuk memahami arti alquran hendaklah ibu belajar bahasa arab karena bahasa arab bahasa peradaban yang harus lebih dahulu dikuasi dari bahasa lain. Ketika ibu paham bahasa arab maka ibu akan merasakan ruh (jiwa Alquran).

Trik yang saya lakukan sendiri terhadap anak-anak biasanya saya membacakan terjemah surat yang telah ia murojaah sebagai reward dari murojaahnya. Dan tidak saya sangka ternyata anak mampu menyerap banyak dari yang saya bacakan. Contoh kisah Nabi Musa dan Fir'aun, kisah Ashabul Kahfi,
cerita hari kiamat dll. Berapa banyak orang yang sembuh dari penyakitnya karena bacaan Alquran walaupun dia tidak mengerti artinya karena irama yang ada akan membuat hati pembacanya tenang dan saraf-saraf tubuhpun menjadi rilex, karena sesungguhnya Alquran adalah petunjuk terbaik dan obat terbaik bagi manusia insya Allah. Ada cerita nyata seorang ibu yg harus diamputasi kakinya karena mengalami luka yang sangat parah dan dia sudah tidak kuat dengan derita itu, hingga akhirnya ditengah putus asanya ada seorang yang menawarkan untuk terapi dengan membaca Alquran secara baik dan benar 2 juz perhari. Subhanallah, hanya dalam 2 bulan luka tersebut mengering dan sembuh total.

2. Untuk tahapan awal tidak menjadi masalah jika hafalan masih berupa sekedar tuntutan akademis, antum masih ingat mungkin kalau saya tanya dulu ketika sholat lima waktu rutin usia berapa? Karena kesadaran sendiri atau karena perintah orang tua? Banyak yang menjawab, karena disuruh orangtua, sekarang coba kita bandingkan sekarang seiring dengan waktu dan bertambahnya umur ibu sudah jauh lebih bisa memahami bahwa sholat bukan sekedar perintah, tapi merupakan kebutuhan rohani manusia dan Allah yang harus dipenuhi. Salah satu contoh : kita tidak nyaman kalau pas datang bulan
karena tidak melakukan sholat, karena kita sudah terbiasa sholat. 

Biarkan untuk awal Al-quran dijadikan tuntutan akademis seiring pemahamannya bertambah, insya Allah dia akan jadi satu kebutuhan dalam hidupnya. Rasul bersabda: barang siapa yang belajar dan menghafal Alquran diwaktu kecil maka Allah akan mencampurkan Alquran dalam darah dan dagingnya.

Beberapa tips supaya anak cinta alquran:
1. Perbanyak berdoa untum dan anak diwaktu mustajabah.
2. Jadikan alquran isu utama dalam alquran.
3.Temukan anak-anak dengan para hafidz alquran
4. Jadikan kenangan ana- anak Alquran sesuatu yg indah. Contoh setelah selesai menghafal juz amma berikan hadiah yang istimewa bisa berupa rekreasi, buku edukatif mainan, makan bersama teman sebayanya dll. Ini contohnya ketika mereka berhasil menyetor satu juz maka masing-masing dapat hadiah dari ibunya masing-masing ditulis disitu hadiyyatul quran (hadiah Alquran).

Nomer 2. Jadikan alquran isu utama dalam keluarga.
*****

Pertanyaan Kelima dari bunda Kamilia:
1. Bagaimana memotivasi anak umur 3,5 tahun untuk menghafal Al-qur an
2. Bagaimana mengarahkan anak  anak yang lebih suka nonton kartun / tablet agar mau lebih dekat dengan Al quran
3.bagaimana manajemen waktu yang paling baik untuk menghafal.
Jawaban dari Ustadzah Ida:
Saya jawab dengan pertanyaanya nomer 3 dulu : waktu yang terbaik untuk menghafal adalah diwaktu pagi hari selepas subuh, karena rasul bersabda : Ya Allah berkatilah ummatku diwaktu pagi hari, adapun murojaah bisa dilakukan setelah sholat ashar atau sebelum tidur atau ketika qiyam lail. Untuk pertanyaaan nomer satu dan dua : satu statemen yang selalu saya ingat ketika membawa anak-anak menghafal kitab Allah adalah : mengarahkan anak ketika usia dini atau sebelum akil balig jauh lebih mudah dibanding ketika mereka sudah dewasa. Untuk usia anak 3,5 tahun bisa dengan beberapa metode, salah satunya yang termudah dan yang biasa Rasulullah lakukan adalah dengan methode talqin. Contoh : dalam seminggu ini anak ingin kita ajarkan surat al faatihah. CARANYA : antum bisa talqin surat tersebut ayat demi ayat.

Untuk hari pertama 3 ayat misalnya, antum ucapkan satu ayat berulangkali kemudian suruh anak untuk mengikuti. Minimal talqinkan sampe 20 kali, umpama setiap hari bisa setengah jam saja dan rutin maka insya Allah al fatihah tuntas dalam waktu seminggu. Untuk tablet dan kartun bisa ibu alihkan dengan buku cerita sahabat dan harus ada peraturan dalam keluarga untuk penggunaan tablet tersebut. Ada beberapa film kartun yang saya recommen, cuma masalahnya bahasa arab bisa ibu ibu download, seperti al qosos fil quran (kisah kisah dalam alquran). Kalau ibu-ibu ke Mesir mampir ke kota kecil bernama Tanta atau biasa disebut dengan madinatul qurro (kota para penghafal al quran).
*****

Pertanyaan keenam dari Bunda Aulin:
Assalamualaikum ust, anak kami yang pertama (7th) hafalan sudah sampai Al-fajr, sedang adiknya (4th) sudah hafal al-ikhlas, An-nas, Al-falaq, Al-ashr dan Al-fatehah, namun mereka semua sebatas hafal saja luar kepala belum paham artinya, apakah itu tahapnya begitu dulu atau dibarengi dengan artinya. Jazakillah khair.
Jawaban dari Ustadzah Ida:
Pembagiaan umur manusia ;
1. Dari kandungan hingga 7 tahun, umur ini kelebihan hafalan mereka sangat tinggi dan bisa memahami hal-hal yang sederhana. Seiring dengan usia bertambah pemahaman juga akan bertambah. Ibu sudah melakukan capaian yang masya Allah, dan yang lebih penting dari itu teruskan jangan sampai berhenti, karena berapa banyak orang yang sudah mulai menghafal bersama anak anaknya, akan tetapi mereka berhenti ditengah tengah, dan saya katakan memulai adalah hal yang sangat bagus akan tetapi meneruskan dan menyelesaikan hafalan juga sangat utama dan mulai, dan butuh konsistensi yang tinggi serta tekad yang membaja. Allahu yuftah alaikunna.
*****

Ketika ada niat baik, mulailah untuk mewujudkankannya karena ketika kita sudah memulai maka Allah akan memudahkan pekerjaan kita dan akan mempertemukan dengan yang setipe dengan kita karena sesungguhnya, jiwa orang mukmin ibarat malaikat yang berbaris yang sama jiwanya maka dia akan mendekat, dan yang berbeda akan terpisah dengan sendirinya.

Berprasangka baik kepada Allah harus kita lakukan, karena godaaan syaitan dalam bentuk jin dan manusia selalu ada disekitar kita. Rasul bersabda : Rumah yang tidak pernah dibacakan alquran seperti rumah yang rusak. Menukil nasehat para ulama : hendaklah kalian pegang Alquran, membacanya, menghafalnya dan mengamalkannya. Allah tidak melihat hasil usahanya, tapi yang Allah nilai adalah ketulusan niat kita dan usaha kita untuk mewujudkan cita cita tersebut.

Resume Diskusi Grup HSMN Semarang
Hari dan tanggal : Ahad, 26 April 2015
Pukul : 15.00 - 17.00 wib
Pemateri : Ida Husnur Rahmawati
Tema : " Mengoptimalkan Otak Ànak untuk Menghafal Alqur'an"
Moderator : Faiza dan Kamilia Dwi
Notulen : Marita


Tentang Narasumber :


Bernama lengkap Ida husnur Rahmawati. Dilahirkan di Ponorogo, 20 Mei 1978. Pekerjaan utama sebagai Ibu rumah tangga. Diamanahi oleh Alloh SWT empat orang anak :1. Ahmad fawwaz, 2. Khansa Basmah Maulidiyah, 3.Muhammad fuad Raihani, dan 4. Maryam siddiqoh. Anak pertama dan kedua, ketiga telah resmi bergabung di markaz tabarok Tanta (Mesir), dengan hafalan masing masing. Pengalaman bekerja: 12 tahun menjadi tenaga pengajar D2 bahasa Arab, di Imarot Bandung, dan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Saat ini berdomisili di Tanta, Mesir. Sedangkan jika sedang berada di Indonesia, bertempat tinggal di Sidoarjo, Jawa Timur.

Related

Tips 4413861191553339463

Post a Comment

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

item