Resensi Buku Bulan Terbelah di Langit Amerika

Judul : Bulan Terbelah di Langit Amerika Penulis : Hanum Salsabiela Rais & Rangga Almahendra Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utam...

Resensi Buku Bulan Terbelah di Langit Amerika
Judul : Bulan Terbelah di Langit Amerika
Penulis : Hanum Salsabiela Rais & Rangga Almahendra
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2014
Halaman : 344 Halaman
Kategori : Perjalanan, Inspiratif
Rating : 4.5 of 5

"Mu Lan Pi. 
Sebuah dokumen bernama The Sung Document dari Dinasti Song China tahun 1178 bermaklumat bahwa pelaut-pelaut muslim telah berlayar jauh sampai daratan baru yang sepi manusia.
Dua ratus tahun kemudian, pelayaran di bawah pimpinan Admiral Zhou Man, anak didik Laksamana Muslim Cheng Ho, terseret gelombang Laut Jepang hingga ke selatan Alaska dan berakhir di daratan yang sama. 
Kini Mu Lan Pi menjelma menjadi daerah bernama California, Amerika Serikat.
-----------------------------------------------Buku Bulan Terbelah di Langit Amerika"

Ini adalah buku kedua karya Hanum Rais dan suaminya yang saya baca setelah 99 Cahaya di Langit Eropa, yang telah dibuat versi layar lebarnya. 

Di tengah maraknya buku-buku traveling akhir-akhir ini, Buku Bulan Terbelah di Langit Amerika menyuguhkan cerita perjalanan dengan pemaparan sejarah yang luar biasa serta sarat makna kehidupan.

Takdir membawa Hanum dan Rangga, yang merupakan mahasiswa S3 di Wina, Austria menuju sebuah perjalanan impian mereka, yaitu mengelilingi benua Amerika. Tidak ada hal yang kebetulan, begitupun perjalanan mereka kali ini bukan semata menjadi rangkaian sesi "jalan-jalan", melainkan ada sebuah misi yang di emban. Rangga dengan tugas presentasi papernya, dan Hanum dengan tugas liputannya yang menguak berbagai hal seputar tragedi WTC 9/11 demi sebuah artikel berjudul "Would the world be better without Islam?".

Bagi saya, Buku Bulan Terbelah di Langit Amerika mengungkapkan banyak hal, tentang bagaimana kebencian bangsa Eropa dan Amerika yang semakin menjadi pada Islam pasca WTC 9/11, tentang beratnya perjuangan kaum muslim sebagai minoritas di Amerika untuk tetap memegang teguh akidahnya, berbagai hal janggal seputar tragedi WTC, pandangan para Founding Fathers Amerika terhadap Islam, bahkan fakta sejarah penemuan Benua Amerika yang sungguh membuat saya tercengang.

Ya, Buku Bulan Terbelah di Langit Amerika ini berhasil menceritakan negara adidaya itu dari sudut pandang yang berbeda. Semakin membuka mata kita bahwa Islam adalah Rahmatan lil 'Alamin. Dan membuat kita yakin bahwa manusia hanyalah pion-pion yang sedang memainkan skenario Tuhan. Percayalah, Tuhan selalu mengawasi dengan cermat bagaimana kita menjalankan peran itu.

And the last, ucapan yang muncul di benak saya selepas membaca buku ini adalah : Perjalanan mereka terlalu indah untuk dikatakan kebetulan semata! Happy Reading.. ^_^

Salam Hangat,




Related

Resensi Buku 612332654747676093

Post a Comment

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

item