Kecerdasan Logis Matematis

Kecerdasan Logis Matematis via mahaputraanjani149.blogspot.com Setelah pada artikel lalu kita membahas tentang Kecerdasan Linguistik ,...

Kecerdasan Logis Matematis
Kecerdasan Logis Matematis via mahaputraanjani149.blogspot.com
Setelah pada artikel lalu kita membahas tentang Kecerdasan Linguistik, sekarang saya akan melanjutkan pada jenis multiple intelligence yang kedua, yaitu Kecerdasan Logis Matematis atau Logic Smart.
"Kecerdasan Logis Matematis ialah kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah. Ia mampu memikirkan dan menyusun solusi (jalan keluar) dengan urutan yang logis (masuk akal)"
Kecerdasan Logis Matematis ialah kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah. Ia mampu memikirkan dan menyusun solusi (jalan keluar) dengan urutan yang logis (masuk akal). Menyukai angka, urutan, logika dan keteraturan. Ia menyukai pola hubungan, mampu melakukan proses berpikir deduktif, yaitu cara berpikir dari hal besar ke hal-hal yang kecil, serta mampu berpikir induktif, yaitu proses berpikir dari hal-hal kecil ke hal yang besar.

Sebagaimana saat kita membahas kecerdasan linguistik, kali ini saya juga akan memberikan check list yang dapat Bunda cocokkan dengan kepribadian ananda. Daftar ini diperuntukkan anak usia 7 - 12 tahun atau usia Sekolah Dasar, dikarenakan pada usia tersebut sudah mulai nampak karakter dominan yang dimiliki anak setelah mendapat stimulus-stimulus yang cukup pada tahun-tahun sebelumnya.

Berikut daftar kategori kecerdasan logis matematis :
  1. Memecahkan masalah aritmatika dengan cepat di luar kepala
  2. Menikmati menggunakan bahasa komputer atau program software logika
  3. Mengajukan pertanyaan seperti, "Dimana akhir alam semesta?" atau "Mengapa langit berwarna biru?"
  4. Ahli bermain catur, dam atau permainan strategi lainnya
  5. Mampu menjelaskan permasalahan secara logis
  6. Merancang eksperimen untuk menguji hal-hal yang tidak dimengerti
  7. Menghabiskan banyak waktu memainkan teka-teki logika seperti kubus rubik atau permainan logika
  8. Suka menyusun dalam kategori atau hierarki
  9. Mudah memahami sebab akibat
  10. Menikmati pelajaran matematika dan IPA, serta berprestasi tinggi
Bila putra / putri Bunda memiliki lima atau lebih dari total aktifitas tersebut di atas, maka mengindikasikan ananda memiliki potensi atau bakat cerdas yang dominan pada bidang logis matematis. Silakan asah terus bakat sang buah hati dan temukan spesifikasi dari hal yang mereka minati. Terus semangat ya, Bunda... ^_^

Salam Hangat,

Related

Pendidikan Anak 5210449872262323859

Post a Comment

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

item