Kecerdasan Musikal

Kecerdasan Musikal Menurut Prof. Howard Gardener, seorang ahli riset dari Oxford University Amerika, setiap orang memiliki kecerdasan y...

Kecerdasan Musikal
Kecerdasan Musikal
Menurut Prof. Howard Gardener, seorang ahli riset dari Oxford University Amerika, setiap orang memiliki kecerdasan yang berbeda. Sehingga ia mengembangkan model kecerdasan "Multiple Intelligence" atau kecerdasan majemuk. Dimana setiap orang memiliki bermacam-macam kecerdasan, namun dengan kadar perkembangan yang berbeda.

Model kecerdasan Multiple Intelligence menyatakan bahwa dalam setiap diri manusia terdapat 8 macam kecerdasan, yaitu :
1. Kecerdasan Linguistik (baca di sini)
2. Kecerdasan Logis Matematis (baca di sini)
3. Kecerdasan Visual dan Spasial (baca di sini)
4. Kecerdasan Musikal
5. Kecerdasan Interpersonal
6. Kecerdasan Intrapersonal
7. Kecerdasan Kinestetik
8. Kecerdasan Naturalis

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang jenis kecerdasan yang ke-empat, yaitu Kecerdasan Musikal. Kecerdasan musikal adalah kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Dimana kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap ritme, melodi dan timbre dari musik yang didengar.

Musik memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan kemampuan matematika dan ilmu sains dalam diri seseorang. Selain itu, musik dapat menciptakan suasana yang rileks namun waspada, dapat membangkitkan semangat, merangsang kreatifitas, kepekaan dan kemampuan berpikir.

Berikut adalah ciri-ciri orang dengan Kecerdasan Musikal pada anak-anak usia 7 - 12 tahun :
  • Memainkan alat msik di rumah atau di sekolah
  • Sebagai anggota band atai orkes
  • Ingat melodi lagu
  • Berprestasi sangat bagus di kelas musik
  • Lebih biasa belajar dengan iringan musik
  • Mengoleksi CD atau kaset
  • Bernyanyi untuk diri sendiri atau untuk orang lain
  • Bisa mengikuti irama musik
  • Mempunyai suara yang bagus untuk bernyanyi
  • Peka terhadap suara-suara di lingkungannya
  • Memberikan reaksi yang kuat terhadap berbagai jenis musik
Sedangkan secara umum, orang dengan kecerdasan musikal yang dominan dapat menyanyi sesuai dengan tinggi rendahnya kunci nada, dapat memainkan alat musik, dapat mengingat sebuah irama hanya dengan mendengarkan beberapa kali saja, senang menghadiri konser musik, senang mendengarkan musik sambil belajar / bekerja, sering mengingat lagu iklan, sering menggunakan irama untuk mengingat sesuatu serta tanpa sadar sering mengetuk-ngetukkan jari mengikuti irama musik.

Apabila putra putri Bunda melakukan lebih dari separuh dari total aktifitas / kriteria di atas, hal tersebut mengindikasikan bahwa ia memiliki potensi atau bakat cerdas di bidang musik. Sehingga kita perlu mendukung dan memberikan stimulasi secara konsisten agar dapat berkembang dengan optimal. Semangat ya, Bunda!

Salam Hangat

Related

Pendidikan Anak 28803873021678598

Post a Comment

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

item