5 Film Abad Pertengahan Inggris nan Elegan

Film The Duchess (2008) Keluarga kecil saya termasuk para pecinta film dan selalu update dengan film keluaran terbaru. Saya pribadi ad...

5 Film Abad Pertengahan Inggris nan Elegan
Film The Duchess (2008)
Keluarga kecil saya termasuk para pecinta film dan selalu update dengan film keluaran terbaru. Saya pribadi adalah penikmat film segala genre, mulai dari action, komedi, drama, sci fi (science fiction), history, biografi, animasi, thriller hingga horror (yang terakhir ini syaratnya harus nonton rame-rame, hehe..). Diantara berbagai genre tersebut, sebenarnya passion saya ada pada genre history dan biografi, lebih spesifik lagi dua genre tersebut yang mengambil setting abad pertengahan Inggris.

Obsesi konyol mengapa saya menyukai setting Inggris adalah karena kecintaan pada aksen bahasa inggris British yang bagi saya sangat seksi! Pokoknya dengerin orang Inggris bicara itu bisa memberi kesan seksi, smart dan elegan di mata saya. Coba saja perhatikan bagaimana artis Inggris seperti Keira Knightley atau penyayi Adele berbicara, maka kalian akan paham.

Meski selalu update dengan film terbaru, saya bukanlah orang yang akan asal nonton film tanpa membawa 'bekal'. Mau tau apa bekal penikmat film? Review dan Sinopsis! Yup, saya tidak pernah menonton film tanpa mengetahui garis besar alur ceritanya serta membaca review yang telah ada. Bisa dikatakan saya ogah rugi bandar karena harus keluar uang untuk beli tiket kalau filmnya nggak bagus, hehe.. Ya, tanpa kita sadari keberadaan review film sangatlah penting bagi 'masa depan' film tersebut. 

Karena saya termasuk orang yang tidak akan menonton film tanpa review dan rekomendasi, maka kali ini boleh lah giliran saya berbagi tentang Film abad pertengahan Inggris nan elegan dengan genre history atau biografi yang berada dalam Top List versi saya.

1. The Other Boleyn Girl (2008)
Sepintas film ini seperti kisah perebutan cinta dan tahta yang klise, namun sebenarnya menceritakan tentang asal muasal bagaimana Ratu Elizabeth II kelak bisa menjadi Ratu Inggris. Berawal dari kakak beradik Anne Boleyn dan Mary Boleyn yang berusaha memperebutkan cinta dari Raja Henry VIII, hingga salah satu diantara mereka menjadi Ratu dan lainnya menjadi Selir. Film ini berakhir dengan tragisnya kematian Anne Boleyn yang dihukum mati oleh Sang Raja, suaminya sendiri, membuat saya tahu tentang kehidupan dalam kerajaan Inggris masa itu yang dipenuhi persaingan dan intrik yang sengit. 
5 Film Abad Pertengahan Inggris nan Elegan
The Other Boleyn Girl

2. Pride And Prejudice (2005)
Kisah dalam novel Pride And Prejudice karya Jane Austen ini telah melahirkan banyak film dengan judul sama meski dalam sudut pandang dan versi yang berbeda. Namun film Pride And Prejudice yang rilis tahun 2005 ini menjadi the most favorite film bagi penggemar aksen English British dengan setting abad pertengahan seperti saya. 
5 Film Abad Pertengahan Inggris nan Elegan
Most favorite romance film
pic by rottentomatoes.com
Seperti disuguhi makanan favorit, film ini luar biasa dalam hal akting para pemainnya (terutama Keira Knightley), setting abad 18 dengan gaun masa renaissance yang didominasi korset, pita dan renda, sinematografi nuansa pedesaan yang indah, kekakuan tata krama yang mengagungkan etika serta kesopanan di masa itu, hingga romantisme cantik yang tak perlu menyuguhkan gairah berlebihan, namun justru mambuat saya jatuh cinta pada kisah Elizabeth Bennet dan Mr. Darcy ini.

3. Becoming Jane (2007)
Berawal dari film Pride And Prejudice yang merupakan adaptasi novel karya Jane Austen, mengantarkan saya pada film-film lain yang mengangkat novel Jane Austen. Diantaranya Atonement (2007), Sense And Sensibility (1995), Love And Fiendship (2016), hingga film biografi tentang Jane Austen sendiri, yaitu Becoming Jane (2007). 
Penulis terkenal seringkali lahir dari tragedi dalam hidupnya, tak terkecuali Jane Austen. Bagaimana orang tuanya yang tak mendukungnya menjadi seorang penulis, namun memintanya untuk segera menikah dengan pria kaya. Sementara Jane justru jatuh cinta pada Tom, pengacara miskin yang menggantungkan hidup pada pamannya yang kaya raya. Jane pun akhirnya tak pernah bisa bersatu dengan Tom dan tak menikah hingga di puncak kariernya sebagai penulis, sedangkan Tom menikah dengan wanita pilihan pamannya dan memiliki seorang anak perempuan, yang diberi nama Jane.
5 Film Abad Pertengahan Inggris nan Elegan
Anne Hathaway berperan sebagai Jane Austen
pic by rogerebert.com

4. The King's Speech (2010)
Dalam film biografi ini Colin Firth sangat sukses memerankan Raja George VI (ayah Ratu Elizabeth II) yang sedang berjuang mengatasi kesulitan bicaranya (gagap) sebagai persiapan menjadi Calon Raja.

5. The Duchess (2008)
Keira Knightley selalu berhasil memerankan seorang Ratu dengan sangat baik. Meski bukan berasal dari kisah nyata, film ini menggambarkan bagaimana perjuangan seorang Ratu yang sangat dicintai dan disegani rakyatnya untuk tetap bisa tampil elegan dan berwibawa, meski faktanya ia dicampakkan dan diperlakukan secara kasar seperti barang oleh sang Raja.

Selain 5 daftar di atas, masih banyak lagi film tentang Inggris, biografi dan sejarah yang tak bisa saya jabarkan satu per satu. Sebagai rekomendasi diantaranya film The Queen (2006), The Iron Lady (2011) tentang biografi Margaret Thatcher, Testament of Youth  (2014) tentang kehidupan masa perang dunia pertama, serta Elizabeth : The Golden Age (2007).

Terima kasih buat tema "Film Favorit Sepanjang Masa" yang dipilih mba Untari dan mba Ira Sulistiana untuk #arisanbloggandjelrel periode 8 ini, happy writing gals!

Related

Film 3011125959751820466

Post a Comment

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. British English kadang lebih susah pronounciation nya ya mbak...agak sengau gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyya agak sengau tapi lebih mudah dimengerti karena lbh baku & ga banyak bahasa 'slank'nya kaya Amerika

      Delete
  3. I meet another fans of British English!!! :D ^aw! anw, dari semua film yang ditulis baru pernah nonton yang Pride and Prejudice nih. Setting film ini emg oke bgt tapi aku agak gagal paham sama jalan ceritanya, kayaknya lain kali harus nonton lagi biar bener2 ngerti.
    Temennya Mr. Darcy ganteng gak sih? LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Really??? Akhirnyah ada temen juga saya! Memang film beginian suka lambat jalan ceritanya n kadang agak mikir, makanya paling enak ya streaming ato beli DVDnya, hehehe

      Delete
  4. Aku belum.nonton yang number one, penasaran dengan intriknya. Etapi emang kisah sejarah di Inggris banyak envy dan intrik sih, aku suka juga film genre ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama liat cover DVD kirain cerita cinta segitiga biasa gitu mba, setelah baca2 sinopsis taunya real story, akhirnya balik lagi ke persewaan buat pinjem. hihihi

      Delete
  5. Baru nonton yang nomer 2 aja nih 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pride n Prejudice emang terkenal banget mba, yang versi Aishwarya Ray itu jg dulu sukses filmnya

      Delete
  6. Belum pernah nonton sama sekali lima pelem itu >.< #kuper

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin selera kita beda mba.. hehe

      Delete
  7. Kok persepsi kita sama y mba ttg british english... smart dan elegan! Suka banget aksennya. Aaaahhh jd penasaran dgn film2 diatas ig. Catet ah...pride and prejudice dl kalo jamanku ada bbrp yg njadiine bahan skripsi. Tfs eniwei :)

    ReplyDelete
  8. udah nonton smua. sebagai dosen sastra inggris film2 dengan latar belakang inggris kuno gini aku suka banget

    ReplyDelete
  9. aku belum nonton semuanya hiks, aduh ketinggalan banyak.

    ReplyDelete

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

item