Semarang Makin Sehat dengan GERMAS, UHC dan Ambulance Hebat

Semarang Makin Sehat dengan GERMAS, UHC dan Ambulance Hebat Sumber gambar : Septi - Tim Blogger Kesehatan Beberapa waktu lalu saya berk...

Semarang Makin Sehat dengan GERMAS, UHC dan Ambulance Hebat
Semarang Makin Sehat dengan GERMAS, UHC dan Ambulance Hebat
Sumber gambar : Septi - Tim Blogger Kesehatan
Beberapa waktu lalu saya berkesempatan mengikuti Temu Blogger Kesehatan bersama Dinas Kesehatan Kota Semarang. Acara yang berlangsung selama dua hari ini membuka mata saya tentang kurangnya sosialisasi program kesehatan yang menyeluruh hingga ke akar rumput. 

Sebagai seorang Apoteker yang bekerja di bidang distribusi, sejujurnya saya sangat jarang bersentuhan langsung dalam pelayanan kesehatan masyarakat di luar keluarga, teman dan lingkungan sekitar. Melalui event ini saya jadi tergerak untuk ikut serta menyebar luaskan berita baik tentang kesehatan bagi masyarakat yang lebih luas sebagaimana tagline be a healthy hero.

Warga Kota Semarang selayaknya bergembira dengan beberapa program positif yang telah dicanangkan Pemerintah Kota Semarang dalam bidang kesehatan. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui dan terpahamkan dengan terobosan yang dibuat Pak Walikota ini. Apa saja sih, program-program kerennya?

GERMAS
Sudah pernah dengar tentang Germas? Minimal pernah lihat iklannya di televisi dong, ya? Atau dengar dari ibu-ibu PKK? Tapi jangan dicari di akun gosip, karena dijamin nggak bakal ketemu, hehehe..

Germas adalah kepanjangan dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Gerakan yang sudah dicanangkan sejak 12 November 2016 ini, berfokus pada 3 kegiatan, yaitu :
  1. Melakukan kegiatan fisik
  2. Mengonsumsi buah dan sayur
  3. Pemeriksaan kesehatan secara rutin
Dengan sosialisasi gerakan tersebut ke seluruh lapisan masyarakat, secara teknis diharapkan dapat meminimalisir jumlah orang sakit secara nyata. Sehingga dibuatlah program yang dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga dan tidak membutuhkan biaya besar (sumber : www.depkes.go.id).

Semarang Makin Sehat dengan GERMAS, UHC dan Ambulance Hebat
Promosi Kesehatan pada Temu Blogger Kesehatan DKK Semarang
Sumber gambar : Septi - Tim Blogger Kesehatan

UHC
UHC atau Universal Health Coverage yang artinya pembiayaan kesehatan secara universal. UHC diluncurkan di RSUD K.M.R.T Wongsosegoro Semarang pada 25 Oktober 2017 lalu. UHC itu program apa, sih? Singkatnya, seluruh warga Kota Semarang akan ditanggung oleh Pemerintah Daerah Kota Semarang apabila menderita sakit, asalkan mau di kelas tiga (sumber : bpjs kesehatan)

Semarang Makin Sehat dengan GERMAS, UHC dan Ambulance Hebat
Universal Health Coverage
Sumber gambar : semarangkota.go.id

Sasaran utama dari program ini adalah masyarakat miskin yang ada di Kota Semarang. Dengan adanya UHC, maka warga miskin tak perlu lagi merasa khawatir dengan biaya kesehatan di rumah sakit. Prinsipnya, peserta UHC tetap terdaftar dalam BPJS yang biaya iurannya ditanggung oleh Pemerintah Kota Semarang. Untuk pendaftaran UHC, peserta harus datang sendiri ke Kantor Dinas Kesehatan Kota Semarang, Jalan Pandanaran No. 79 dengan membawa KTP dan KK. 


Ambulance Hebat
Ambulance Hebat adalah layanan ambulance emergensi untuk melayani penanganan kasus kegawatdaruratan medis, kehamilan dan kecelakaan di Kota Semarang (sumber : ambulancehebatsemarang). Jadi ketika kita sedang dalam keadaan darurat, langsung saja hubungi ambulance hebat di 1500-132

Semarang Makin Sehat dengan GERMAS, UHC dan Ambulance Hebat
Ambulance Hebat

Saat ini ambulance hebat memiliki 25 tim yang tersebar di 5 titik di Kota Semarang, antara lain di Dinas Kesehatan Kota Semarang, Puskesmas Bangetayu, Puskesmas Karangmalang, Puskesmas Srondol dan Puskesmas Halmahera. Kabar baiknya, aplikasi ambulance hebat kini sudah bisa diunduh melalui playstore, lho! Dengan nama 'Ambulan Hebat'. Semarang memang kece!

Semarang Makin Sehat dengan GERMAS, UHC dan Ambulance Hebat
Ambulan Hebat di Aplikasi Android
Sumber gambar : dok pribadi

Selain 3 program di atas, masih ada Program Keluarga Sehat melalui Pendekatan Keluarga, dimana para petugas Puskesmas mendatangi para warga door to door untuk mendata dan melakukan konsultasi kesehatan. Yang jelas, kita patut mengapresiasi dan mendukung berbagai program keren ini, mulai dari diri sendiri dan mulai saat ini juga. Agar Semarang Makin Sehat dengan GERMAS, UHC dan Ambulance HebatBe a healthy hero!

Related

Kesehatan 5036296189986642071

Post a Comment

  1. Yeay. Semoga fasilitas kesehatan yg OK bisa maksimal pemanfaatannya

    ReplyDelete
  2. Wah keren banget nih ternyata apps ambulan hebat sudah ada di PlayStore.. semoga nnti ada juga di AppStore :))

    ReplyDelete

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

item