Fun Time #13 : Membuat Slime dari Tepung, Minyak & Sabun Cuci Piring

Slime ala kami Hai hai hai.... Setelah beberapa lama mengalami writer block , alias kebuntuan dalam menulis a.k.a males ngeblog, akhirn...

Fun Time #13 : Membuat Slime dari Tepung, Minyak & Sabun Cuci Piring
Slime ala kami
Hai hai hai.... Setelah beberapa lama mengalami writer block, alias kebuntuan dalam menulis a.k.a males ngeblog, akhirnya saya kembali menyapa hari ini dengan ulasan Fun Time #13 : Membuat Slime dari Tepung, Minyak & Sabun Cuci Piring.

"Slime adalah cairan lengket dan pekat yang sekilas terlihat seperti lendir. Umumnya slime dibuat dengan warna-warna yang cerah dan tekstur yang tidak meninggalkan bekas di tangan, sehingga disukai anak-anak"

Biar ikut kekinian, acara fun time kami minggu lalu diisi dengan prakarya membuat slime. Bagi yang masih asing, Slime adalah cairan lengket dan pekat yang sekilas terlihat seperti lendir. Umumnya slime dibuat dengan warna-warna yang cerah dan tekstur yang tidak meninggalkan bekas di tangan, sehingga disukai anak-anak. Kegunaan slime ini pun bisa beragam, mulai dibentuk-bentuk seperti plastisin / play doh, main lempar-lemparan, yah pokoknya kenyal-kenyalnya itu yang bikin menyenangkan! 

Fun Time #13 : Membuat Slime dari Tepung, Minyak & Sabun Cuci Piring kali ini sengaja memilih bahan slime yang memang sudah tersedia di rumah. Bagi saya, prakarya itu sebisa mungkin ga keluar uang. Selain biar irit, bukankah tujuan prakarya itu sendiri adalah untuk mengasah kreatifitas? Nah kalau sedikit-sedikit pakai modal mah, sekalian beli aja!. Hehe... Yuk langsung kita simak pembuatan Slimenya!

Fun Time #13 : Membuat Slime dari Tepung, Minyak & Sabun Cuci Piring
Alat dan Bahan yang diperlukan

Alat dan Bahan :
  • Tepung terigu sebagai bahan dasarnya
  • Sabun cuci piring cair (saya menggunakan sunlight, bisa diganti dengan merk lain) berfungsi sebagai pengikat agar terbentuk slime yang kenyal. Dalam hal ini sekaligus berfungsi sebagai pewarna. Namun bila kurang puas dengan warna yang dihasilkan, bisa juga ditambah atau dicampur dengan pewarna makanan (yang alami lebih baik).
  • Minyak sebagai pelicin, agar tidak lengket. Saya memakai minyak zaitun, selain itu bisa juga menggunakan baby oil, minyak telon atau minyak kayu putih
  • Wadah untuk membuat slime
  • Sendok atau spatula sebagai pengaduk

Fun Time #13 : Membuat Slime dari Tepung, Minyak & Sabun Cuci Piring

Cara Membuat Slime :
  1. Masukkan tepung terigu ke dalam wadah (takaran sesuai yang diinginkan)
  2. Tambahkan sabun cuci piring cair sedikit demi sedikit sambil di aduk rata hingga terbentuk gumpalan yang kenyal
  3. Setelah diperoleh tekstur / tingkat kekenyalan yang diinginkan, tambahkan beberapa tetes minyak dan terus diaduk
  4. Minyak dirasa cukup, bila saat dipegang / diremas sudah tidak ada lagi sisa slime yang menempel di tangan.
  5. Pewarna makanan atau glitter bisa ditambahkan ke dalam adonan untuk mempercantik warna.
"belum banyak yang tau kalau slime dengan bahan dasar sabun cuci piring ini juga bisa dijadikan gel pembersih alat elektronik, seperti layar handphone, laptop, keyboard komputer dll"

Oiya, belum banyak yang tau kalau slime dengan bahan dasar sabun cuci piring ini juga bisa dijadikan gel pembersih alat elektronik, seperti handphone, laptop, keyboard komputer dll. Caranya? Ambil (cuil) sedikit slime, lalu gulung-gulungkan di permukaan yang akan dibersihkan, maka debu dan kotoran pun akan menempel di permukaan slime dengan sendirinya, sehingga membuat gadget kita menjadi bersih tanpa meninggalkan bekas sabun, setelah itu baru di lap menggunakan kain halus untuk menghindari goresan.

Seru dan mudah bukan? Tunggu apa lagi? Yuk, buat slime dengan kreasi kita sendiri!
Salam Hangat,

Related

Fun Time 3425897874363298952

Post a Comment

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

item