Mana yang Lebih Baik, Kencing Berdiri, Duduk atau Jongkok?

Hai Mommies, kali ini saya mau sharing tentang cara terbaik untuk buang air kecil (kencing) ditinjau dari berbagai sudut pandang. Mana y...

Mana yang Lebih Baik, Kencing Berdiri, Duduk atau Jongkok?
Hai Mommies, kali ini saya mau sharing tentang cara terbaik untuk buang air kecil (kencing) ditinjau dari berbagai sudut pandang. Mana yang Lebih Baik, Kencing Berdiri, Duduk atau Jongkok?  masa hal kayak gitu dibahas? Ah, itu kan cuma masalah sepele! Pemikiran saya awalnya juga begitu, sampai saat si Abang masuk play group dan di sekolahnya di ajarkan untuk buang air kecil dengan cara jongkok, baik laki-laki maupun perempuan. Waktu itu tanggapan saya, "Kok aneh ya, laki-laki harus jongkok juga?", "Terus kenapa hampir semua toilet pria di dunia ini diperuntukkan buang air kecil dengan cara berdiri?" serta "Emang kenapa harus jongkok?". Maklum seumur hidup saya taunya kalau laki-laki kencing ya dengan cara berdiri, yang jongkok itu perempuan. Duh, ketahuan kurang wawasan. ^_^

Buang air kecil atau berkemih (biasa kita bilang : kencing) adalah proses pengosongan kandung kemih atau vesica urinaria, yang berfungsi untuk mengeluarkan sisa-sisa metabolisme dalam tubuh. Pada kehidupan sehari-hari, umumnya laki-laki buang air kecil dengan cara berdiri, sedangkan perempuan dengan jongkok atau duduk pada toilet duduk. Yuk langsung kita bahas satu-satu!

Kencing Berdiri

Walaupun hal ini sudah umum dilakukan oleh laki-laki dan didukung dengan sarana toilet yang memang dimaksudkan untuk kencing dengan cara berdiri, taukah Mommies bahwa kencing berdiri sesungguhnya tidak baik?
  • Secara medis kencing berdiri adalah penyebab utama penyakit kencing batu pada penderitanya, yang dapat mengakibatkan terjadinya lemah syahwat pada sebagian pria.
  • Kenapa? Kebiasaan kencing berdiri membuat proses pengosongan kandung kemih tidak maksimal, sehingga masih ada sisa-sisa air seni yang tertinggal di saluran kencing karena tak habis terpancar. Akibatnya sisa air seni yang menumpuk lama kelamaan akan mengkristal dan dapat membentuk batu kencing. Bayangkan saja, toilet umum yang banyak terdapat sisa air kencing bagaimana keraknya? Apalagi kalau terjadi dalam tubuh kita? Fu fu fu...
  • Sedangkan bagi laki-laki muslim, apabila kencing dengan berdiri sebelum melakukan ibadah sholat, sangat dimungkinkan pada saat gerakan rukuk atau sujud masih terdapat sisa air seni yang menetes karena tidak tuntasnya proses berkemih. Itulah sebabnya terkadang ada rasa tidak puas setelah kencing berdiri. Tentunya ibadah yang dilakukan pun menjadi tidak sah. 
Lain halnya bila kencing dilakukan dengan cara jongkok, dalam posisi ini tulang paha kiri dan kanan akan meregangkan saluran kencing dari himpitan buah dzakar sehingga memudahkan air kencing untuk mengalir habis.

Kencing Duduk

Di masa sekarang ini toilet duduk sudah terdapat di mana-mana, di pusat perbelanjaan, bandara, stasiun dan sudah banyak pula rumah-rumah pribadi yang kini menggunakan toilet duduk. Memang sangat membantu terutama bagi para lansia yang pasti akan kesulitan untuk jongkok, termasuk para ibu hamil sampai pasca melahirkan (udah kebayang gimana nasib jahitan, hehe..).

Namun tahukah Mommies bahwa toilet duduk dapat mempengaruhi proses alami pembuangan kotoran bahkan sampai mengakibatkan sembelit, wasir, penyakit usus, gangguan panggul dan infeksi saluran kencing? Dalam keadaan duduk, otot tidak dapat mempertahankan kontinuitas pengeluaran air seni, tubuh juga sulit memberikan tekanan yang lebih pada proses berkemih sehingga tidak maksimal, seperti yang terjadi pada laki-laki yang kencing berdiri.

Para pengguna toilet duduk akan dipaksa mengejan untuk medorong gerakan usus (terutama pada proses buang air besar), kebiasaan mengejan itulah yang dapat meningkatkan tekanan dalam perut dan menjadi faktor terbentuknya hemorrhoid atau wasir. Selanjutnya, karena sisa-sisa metabolisme tidak sepenuhnya dapat dikeluarkan maka akan terjadi penumpukan yang mengakibatkan penyakit usus (dalam hal buang air besar) serta meningkatkan resiko infeksi saluran kencing (pada proses berkemih). Disamping itu tekanan perut yang besar akan berakibat buruk bagi panggul, sementara ketika berjongkok kita dapat melindungi saraf panggul. Tak heran sekarang di internet banyak dijual penahan kaki untuk toilet duduk, tentunya dengan maksud agar posisi tulang paha agak ke atas sehingga menyerupai jongkok.

Kencing Jongkok

Well, dengan pembahasan di atas sepertinya memang kencing dengan cara jongkok tetaplah lebih baik (termasuk buang air besar dengan cara jongkok) dari sisi kesehatan maupun agama. Yah, dibalik hebatnya kata modernitas dan kenyamanan, ciptaan Tuhan tetaplah yang terbaik. Toh, dari dulu manusia buang air dengan cara jongkok sebelum tercipta berbagai alat penunjang kenyamanan seperti sekarang. Karena Tuhan tidak pernah salah dalam menciptakan sesuatu.

"Dan tidak ada sehelai daun pun yang jatuh di bumi ini tanpa ijin Allah.."

Jadi sekarang, Mana yang Lebih Baik, Kencing Berdiri, Duduk atau Jongkok? silakan Mommies menilai sendiri.

Salam Hangat,












Related

Tips 1332414377456819256

Post a Comment

  1. Terima kasih pencerahan nya ya, iya risih dengan toilet duduk di wc umum jadi selalu pilih yang jongkok

    ReplyDelete
  2. Terima kasih pencerahan nya ya, iya risih dengan toilet duduk di wc umum jadi selalu pilih yang jongkok

    ReplyDelete
  3. Tfs Mba, sdg membiasakan anak2 untuk pipis jongkok juga, tp klo di rumah adanya toilet duduk ternyata jd susah menerapkan kebiasaan tsb, ya.

    ReplyDelete
  4. Simbahku sejak dulu selalu menyurut cucunya yang cewek maupun yang cowok untuk jongkok kalo pipis. Eh tapi setelah engkel kaki terkilir, aku milih closed duduk. Soal ngejan sih gak pernah karena asupan serat udah banyak, jadi lancar deh.

    ReplyDelete
  5. Semenjak pakai closet duduk di rumah jd sering duduk nih aku hiar ga nyiprat2 😁😁 Tapi selain d rumah lebih suka jongkok.

    ReplyDelete
  6. duh..mba ko aku sekaarang jadi takut yaa, wc di rumah ku duduk. Dulu sebenernya ndak nyaman pake wc begini, eh setelah bikin rumah dr pihak kontraktor nya konsepnya wc duduk..hadeuh..hiks..mesti beli penahan ni

    ReplyDelete
  7. Aku ga bisa pake toilet duduk.. Bisanya jongkok.. Dan ternyata cowok pun harusnya kencingnya jongkok ya klo di dlm islam.. Pr utk ngajari anak cowok jg nih.. Krn skrg toilet cowok pasti berdiri :( TFS

    ReplyDelete
  8. Bagusnya pipis jongkok, pakai toilet jongkok, kalau di rumahku kamar mandi 2, toiletnya jongkok semua, dari segi kesehatan dan agama bagus yang jongkok 😀

    ReplyDelete
  9. selain jongkok aku ga nyaman mba :(
    diluar negri juga toiletnya duduk semua, rasanya ga nyaman. Tapi tetep aja aku jongkok hahaha

    ReplyDelete
  10. Aku terpaksa banget buang air di toilet duduk saat pasca operasi SC. selain itu.. selalu milih yg jongkok. tapi sedihnya di mall atau di tempat2 modern seringnya nggak nyediain toilet jongkok :(

    ReplyDelete

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

item