Resensi Buku Guru Luar Biasa

Resensi Buku Guru Luar Biasa Judul Buku : Guru Luar Biasa Penulis : Ciptono & Ganjar Triadi Penerbit : PT. Bentang Pustaka Te...

Resensi Buku Guru Luar Biasa
Resensi Buku Guru Luar Biasa
Judul Buku : Guru Luar Biasa
Penulis : Ciptono & Ganjar Triadi
Penerbit : PT. Bentang Pustaka
Terbit : Juli 2009
Halaman : 244 Halaman
Kategori : Biografi, Kisah Inspiratif
Rating : Recommended 3 of 5 stars

   Sebelum saya membahas Resensi Buku Guru Luar Biasa ada baiknya readers melihat video tayangan Kick Andy berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=tPpbkdfBEyY

Nah, ini bercerita tentang Pak Cip, nama akrab Bapak Ciptono sang kepala sekolah Sekolan Luar Biasa Negeri Semarang.

Saya tidak memiliki referensi apapun untuk membeli buku ini. Berawal dari undangan seminar parenting di sekolah putra kami, yang entah kenapa waktu itu saya agak under estimate dengan tema yang disuguhkan yaitu "Cara Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus". Padahal biasanya saya paling semangat kalau ada undangan parenting, tapi dengan tema yang tidak familiar di kehidupan kami karena jarang berinteraksi dengan anak-anak berkebutuhan khusus, saya jadi kurang tertarik.

Hari itu sengaja saya datang terlambat utnuk menghadiri acara parenting. Dalam undangan tertulis jam 7.30 - 10.00 WIB, dan saya datang pada jam 9.30 WIB (ketahuan ga niat banget!). Yang bikin saya takjub adalah ruangan aula terasa begitu hidup, para orang tua tertawa dan menangis hampir tak terlukiskan. Ya, disitulah saya bertemu dengan Pak Cip dan anak-anak didiknya yang begitu luar biasa. Kisah bagaimana Pak Cip yang dulunya seorang guru SLB biasa dengan penuh perjuangan dan ketulusan membimbing para anak-anak berkebutuhan khusus, bahkan beliau merelakan garasi rumahnya sebagai tempat belajar para muridnya. Hingga kini beliau menjabat sebagai Kepala Sekolah SLB Negeri Semarang dengan bangunan sekolah megah dan menempati lahan sekitar 10 hektar. Tidak hanya anak berkebutuhan khusus, namun disana juga membimbing para lansia, gelandangan dan pengemis.

Selain diisi oleh Pak Cip, pada acara parenting tersebut juga ada sharing pengalaman ibu dari anak berkebutuhan khusus, serta penampilan anak-anak luar biasa yang membuat saya merasa bangga dan terharu saat menyaksikan betapa mereka punya banyak kelebihan dibalik segala keterbatasannya. Pak Cip memang benar, Tuhan tidak pernah salah dalam membuat ciptaanNYA, jadi tidak ada seorangpun yang lahir hanya dengan kekurangan saja. Seperti Karisma, anak autis yang ternyata mempunyai kemampuan mengingat melebihi orang-orang yang dianggap "normal", ia bisa mengingat seluruh bandara di dunia, menghafal lebih dari 8000 lagu, mengingat pidato presiden, ingat betul kapan ia pernah pergi ke suatu tempat, bahkan dengan mudah Karisma bisa menebak tanggal 30 November 2015 jatuh pada hari apa. Masya Allah...Dan tentunya masih banyak teman-teman Karisma dengan bakat yang berbeda-beda. Semua kisah tentunya juga bisa Readers baca di buku Guru Luar Biasa ini.

Di akhir acara itulah rombongan SLB Negeri Semarang menjual berbagai hasil kreatifitas anak-anak didiknya, seperti batik cipratan yang cantik, sprei, taplak meja, tempat galon, CD dan VCD koleksi mereka, termasuk 2 judul buku yaitu Indonesia Menginspirasi dan Guru Luar Biasa yang saya beli ini. Itulah momen nikmatnya berbagi buat saya dan menjadikan saya manusia yang lebih banyak bersyukur atas segala karunia yang telah saya terima.

Oiya bagi Readers yang mau mengundang rombongan Pak Cip juga boleh, bahkan beliau tidak pernah pilih-pilih acara mana yang mau didatangi. Acara ulang tahun kah, khitanan kah, perkumpulan majlis taklim, arisan, acara sekolah, semua beliau dengan senang hati untuk menjadi pembicara. Dengan harapan dapat berbagi inspirasi dan tentunya memperkenalkan hasil karya anak-anak luar biasa ini kepada masyarakat luas. Mengutip perkataan beliau "Diundang dimana saja Pak Cip mau, asalkan bisa menginspirasi orang lain dan saya boleh jualan". Hanya sesederhana itu kebahagiaan bagi Pak Cip.
 
Readers yang mau mengundang Pak Cip, terutama untuk wilayah Semarang dan sekitarnya boleh dicatat hp beliau ya..08122835120. Yuk buat kegiatan kumpul-kumpul kita jadi lebih bermakna sekaligus berbagi inspirasi. Kebetulan SLB Negeri Semarang pada bulan Desember 2014 rencananya akan mencanangkan RUMAH INDONESIA MENGINSPIRASI, luar biasa bukan? Belakangan saya nyesel kenapa saya dateng terlambat waktu itu, beruntungnya acara masih berlangsung sampai jm 10.30, jadi saya kebagian satu jam terakhir. Yang penting bisa berbagi oleh-oleh inspirasi kerennya disini ya, hehe..
 
Sekian dulu posting kali ini ya Readers, next post saya kepingin sharing pengalaman tentang memotivasi anak. Bagi yang mau menambahkan boleh banget ya... Saya terbuka untuk saran maupun kritik, lagipula siapalah saya yang bukan pakar apa-apa ini. See U Soon..

Salam Hangat,

Related

Resensi Buku 1667769329419346041

Post a Comment

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

Member of

Member of

Part of

Blogger Perempuan

Member of

Member of
Blogger Perempuan Semarang

Follow by Email

Random Artikel

item