Waspada Ancaman Bakteri Listeria!

Baru-baru ini ancaman bakteri Listeria monocytogenes menjadi pusat perhatian dunia. Pasalnya, telah ditemukan apel produksi Amerika Seri...

Waspada Ancaman Bakteri Listeria!
Baru-baru ini ancaman bakteri Listeria monocytogenes menjadi pusat perhatian dunia. Pasalnya, telah ditemukan apel produksi Amerika Serikat yang positif mengandung bakteri Listeria khususnya pada apel jenis Granny Smith dan Gala yang sebagian besar produksinya di ekspor di berbagai negara, termasuk Indonesia. 

Sebaiknya Mommies waspada karena infeksi apel yang mengandung bakteri Listeria ini telah mengakibatkan tiga orang meninggal dan beberapa orang perlu perawatan intensif di AS dan Kanada. Bahkan kini pemerintah Malaysia pun telah melarang beredarnya apel produksi Amerika tersebut. Sedangkan pemerintah AS menarik peredaran apel jenis Granny Smith dan Gala sejak proses produksinya di Shafter, California.

Jadi, apakah bakteri Listeria itu? Listeria monocytogenes adalah bakteri gram positif, motil yang dapat hidup di suhu dingin hingga 10 - 4 derajat celcius. Bakteri ini biasa ditemukan di tanah, air, makanan mentah, makanan olahan, serta susu yang tidak dipasteurisasi. Infeksi bakteri Listeria disebut dengan Listeriosis. Karena kemampuannya bertahan hidup pada suhu rendah maka bakteri Listeria bahkan dapat hidup meski di dalam almari pendingin atau pembeku sekalipun. Mengerikan! Makanan yang terkontaminasi bakteri Listeria akan mudah menginfeksi manusia terutama pada Ibu hamil, bayi, lanjut usia dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah. 

"Bakteri ini biasa ditemukan di tanah, air, makanan mentah, makanan olahan, serta susu yang tidak dipasteurisasi."

Adanya infeksi bakteri Listeria ditunjukkan dengan gejala demam serta nyeri otot selama 7 - 10 hari, sebagian lain ditambah dengan gejala mual dan diare. Jika tidak segera ditangani Listeriosis dapat menutupi otak dan sumsum tulang belakang yang mengakibatkan terjadinya meningitis dengan gejala sakit kepala, leher kaku, kejang-kejang, kebingungan dan hilangnya keseimbangan. Listeria bahkan lebih berbahaya dibanding dengan infeksi bakteri salmonella yang menyebabkan 1% kematian, sedangkan Listeria 25%.

Untuk menghindari kontaminasi bakteri Listeria pada makanan yang dikonsumsi, Mommies usahakan untuk memakan makanan yang benar-benar matang, baik buah maupun masakan. Karena bakteri Listeria ini baru akan mati pada suhu 75 derajat celcius. Dan berhati-hatilah dalam mengkonsumsi telur mentah, sayuran mentah, tuna mentah, tauge mentah, jamur mentah, kentang, keju, ice cream (ingat, Listeria bisa hidup dalam mesin pembeku) dan buah-buahan mentah karena kita tak pernah tau apakah ada bakteri Listeria maupun Salmonella yang terkandung di dalamnya. Yang paling utama adalah mencuci semua bahan yang akan kita konsumsi, memasaknya hingga matang dan JANGAN LUPA BERDOA. ^_^

Salam Hangat



Related

Kesehatan 4608333139652162060

Post a Comment

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

Member of

Member of

Part of

Blogger Perempuan

Member of

Member of
Blogger Perempuan Semarang

Follow by Email

Random Artikel

item