Apa yang Harus Ditanamkan Orang Tua pada Anak?

Apa yang Harus Ditanamkan Orang Tua pada Anak? APA YANG HARUS DITANAMKAN ORANG TUA PADA ANAK? Bila Bunda memiliki putra putri yang mu...

Apa yang Harus Ditanamkan Orang Tua pada Anak?
Apa yang Harus Ditanamkan Orang Tua pada Anak?
APA YANG HARUS DITANAMKAN ORANG TUA PADA ANAK?
Bila Bunda memiliki putra putri yang mulai bersekolah, sejatinya kita sebagai orang tua memiliki kewajiban untuk menanamkan tiga hal berikut pada mereka :

1. Trust to The Teacher / Percaya pada Guru
Karena kita telah memberi kepercayaan pada guru untuk mendidik anak kita di sekolah, maka bagaimana mungkin mereka akan belajar jika tanpa rasa percaya?

Titik kritis pada point ini adalah bahwa kita sebagai orang tua tidak boleh protes / menunjukkan ketidaksetujuan / complain kepada guru di depan anak. Sebagaimana Ayah dan Bunda TIDAK BOLEH bertengkar di hadapan anak, maka jangan pula kita runtuhkan kepercayaan mereka terhadap guru.

2. Memuliakan Guru
Sebagaimana telah kita bahas pada artikel 'RESPECT' (dapat dibaca di http://parentingid.blogspot.co.id/2015/10/respect.html), bahwa memuliakan guru sebagai ahlul ilmu adalah kunci dari keberkahan ilmu yang akan diperoleh. 

Ingat berapa banyak pelajaran yang pernah kita peroleh selama di bangku sekolah? Dan berapa banyak yang masih kita ingat, bahkan terapkan hingga kini? Mungkin kita juga harus merenung, jangan-jangan karena kita dulu terlalu menyepelekan guru yang menyampaikan mata pelajaran tersebut :(

3. Ikatan Batin Guru dan Murid
Sejatinya peran guru sama dengan orang tua dalam hal mendidik putra putrinya. Maka mari kita mulai dengan mengajak anak-anak berdoa dikala sang guru sakit, belajar sungguh-sungguh sehingga sang guru bangga dan jangan melakukan hal-hal buruk hingga membuat guru merasa ilmu yang diberikannya sia-sia.

Bagaimanapun guru dan murid selalu punya ikatan, bagaimana perasaan kita saat bertemu kembali dengan guru-guru SD? SMP? SMA? Adakah mereka akan bangga dengan diri kita saat ini?

Semoga artikel Apa yang Harus Ditanamkan Orang Tua pada Anak? bermanfaat, dan anak-anak kita menjadi murid yang lebih baik dari kita dimasa lalu, lebih memuliakan guru, agar keberkahan selalu ada dalam setiap ilmu yang mereka pelajari.

Salam Hangat,

Related

Pendidikan Anak 3034891031672723723

Post a Comment

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

item