Ingin Menjelajah Kota Solo dengan Bus Tingkat Werkudara? Begini Caranya!

Ingin Menjelajah Kota Solo dengan Bus Tingkat Werkudara? Begini Caranya! Kota Surakarta atau lebih dikenal dengan Kota Solo tentu sudah...

Ingin Menjelajah Kota Solo dengan Bus Tingkat Werkudara? Begini Caranya!
Ingin Menjelajah Kota Solo
dengan Bus Tingkat Werkudara? Begini Caranya!
Kota Surakarta atau lebih dikenal dengan Kota Solo tentu sudah tak asing lagi bagi kita. Kota tempat Pakubuwana tinggal di Keraton Surakarta Hadiningratnya ini pun tak kalah istimewa dengan Yogyakarta. Bagi saya pribadi, Solo seperti rumah kedua. Sebagai tujuan mudik sejak kecil, tempat Bapak lahir dan dibesarkan, tempat saya mengenyam pendidikan SMP hingga SMA di sebuah pondok pesantren, pokoknya wara wiri Semarang - Solo itu sudah hal lumrah. Meski begitu, ternyata saya tak pernah benar-benar mengenal Kota Solo. Bahkan hingga berumah tangga dengan dua orang putera, saya masih buta arah dan terlalu banyak bangunan, tempat kuliner, museum maupun tempat wisata yang telah saya lewatkan. Duh, selama ini ngapain aja di Solo? 

Kebetulan beberapa hari lalu saya dan anak-anak ke Kota Solo untuk bertemu suami yang sedang bertugas di sana. Kurang cinta apa coba, kerja aja ditengokin. Hahaha.. Tak ingin mengulang kesalahan yang sama, sembari menunggu sang Ayah bekerja, saya mengajak anak-anak menjelajah Kota Solo dengan Bus Tingkat Werkudara.

Bus tingkat adalah barang langka di masa sekarang. Saya sebagai generasi Y alias anak 90an sih, masih merasakan bus Damri tingkat yang wara-wiri di Kota Semarang setiap harinya. Namun bagi anak-anak saya. menaiki bus tingkat adalah hal yang istimewa. Bus Tingkat Werkudara merupakan bus wisata yang dikelola oleh Dinas Perhubungan Kota Surakarta. Bus ini dioperasikan secara khusus untuk city tour menjelajahi Kota Solo, mulai dari kantor Dishub Kota Surakarta yang bertempat di belakang Stadion Manahan hingga Kebun Binatang Jurug dan kembali lagi ke Dishub dengan rute yang berbeda.

Perjalanan menjelajah Solo dengan Bus Tingkat Werkudara memakan waktu sekitar 2 jam. Cocok banget buat yang merasa mati gaya dan bosen ngeMall atau udah kehabisan uang buat belanja di Pasar Klewer maupun Pusat Grosir Solo, hehe.. Bus ini beroperasi setiap hari. Senin hingga Jumat disewakan untuk peserta rombongan, sedangkan di hari Sabtu, Minggu serta hari libur nasional diperuntukkan bagi masyarakat umum (perseorangan).

Ingin Menjelajah Kota Solo dengan Bus Tingkat Werkudara? Begini Caranya!
Tiket Bus Wisata Werkudara

Bagi masyarakat umum, Bus Tingkat Werkudara memiliki jadwal 3 kali sehari, yaitu pukul 09.00 WIB, 12.00 WIB dan 15.00 WIB dengan tiket seharga Rp. 20.000,- per orang. Murah, kan? Pemesanan tiket bisa dilakukan via telpon, sms maupun whatsapp ke Mbak Indri di 0856 4200 5156 atau ke Bp. Sandi di 0852 2979 0462 (kemarin saya chat via whatsapp ke Mbak Indri dan langsung mendapat respon). Silakan menanyakan ketersediaan kursi hari tersebut dan melakukan booking. Selanjutnya kita tinggal datang ke Dinas Perhubungan Kota Surakarta di Jl. Menteri Supeno No. 7 Manahan, Surakarta untuk membayar tiket dan langsung menuju bus yang diparkir rapi dalam garasi khusus.

Ingin Menjelajah Kota Solo dengan Bus Tingkat Werkudara? Begini Caranya!
Sesi foto-foto di Bundaran Gladag

Kami sempat kecewa karena ketika sampai di Dishub ternyata kursi di bagian atas sudah penuh, padahal kami tiba 30 menit sebelum keberangkatan. Tak disangka setelah sampai Halte Jurug dilakukan rolling tempat duduk, yang di bawah pindah ke atas dan begitu sebaliknya. Duh, senangnya si Abang dan Adek merasakan semilir angin dari atas bus tingkat yang memang tidak diberi jendela kaca. Bus berangkat tepat waktu sesuai jadwal. Jadi pastikan kita datang 30 menit atau maksimal 15 menit sebelumnya. Kemudian menyusuri jalan protokol Kota Solo yaitu Jl. Slamet Riyadi hingga Gladag. Berhenti sejenak untuk turun di bundaran Gladag yang digunakan sebagai waktu foto-foto serta jajan-jajan cantik. Berlanjut ke arah Universitas Sebelas Maret Surakarta hingga Jurug, untuk selanjutnya dilakukan pergantian tempat duduk dan kembali ke Dishub dengan rute yang berbeda.

Ingin Menjelajah Kota Solo dengan Bus Tingkat Werkudara? Begini Caranya!
Tempat pembelian tiket
dan pemberangkatan Bus Werkudara

So far, Menjelajah Kota Solo dengan Bus Tingkat Werkudara sangat menyenangkan. Dengan panduan guide yang memberi penjelasan singkat pada setiap bangunan, jalan maupun patung-patung yang dilewati semakin menambah wawasan kami tentang Kota Solo. Jadi, pastikan kamu  juga mencobanya, ya!

Salam Hangat,

Related

Wisata 835000506843504241

Post a Comment

  1. Kalau ke solo sering lihat satu lewat bus ini pas papasan di jalan 😀

    ReplyDelete
  2. Wah pas lg cari info soal bis Werkudara ini. Soalnya udah janji sama si kakak next time ke solo bakalan nyobain naik bis ini. Thabks mbak

    ReplyDelete

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

item