Sep 15, 2014

Resensi Buku Rahasia Ayah Edy Memetakan Potensi Unggul Anak

Resensi Buku Rahasia Ayah Edy Memetakan Potensi Unggul Anak
Resensi Buku Rahasia Ayah Edy Memetakan Potensi Unggul Anak
Judul Buku : Rahasia Ayah Edy Memetakan Potensi Unggul Anak
Penulis : Ayah Edy
Penerbit : Noura Books
Terbit : Februari 2014
Halaman : 196 halaman
Kategori : Parenting
Keterangan : Very Recommended 4 of 5 stars

Happy Monday, Readers...  

Di hari Senin nan ceria ini saya akan menulis Resensi Buku Rahasia Ayah Edy Memetakan Potensi Unggul Anak. Why? Kenapa harus buku ini? Yup, karena saya adalah ibu dari 2 orang putra yang demi mereka saya harus membuat diri saya "pintar" terlebih dahulu. Salah satunya adalah dengan membaca Buku ini, kemudian menuliskan resensinya untuk berbagi dengan para orang tua yang semangat memberikan yang terbaik untuk anaknya, seperti saya.

Sengaja Resensi Buku Rahasia Ayah Edy Memetakan Potensi Unggul Anak ini saya posting di hari Senin, karena ada kutipan favorit saya di buku ini yang berbunyi "I DON'T LIKE MONDAY = I DON'T LIKE MY JOB". Kata-kata itu begitu "mak jlebb" buat saya ;) Jujur saja saya adalah salah satu manusia di bumi ini yang tidak menyukai hari Senin, it means... saya memang tidak terlalu menyukai pekerjaan rutin saya *ups! (But I really love writing). So, dengan alasan yang sederhana itulah saya tidak ingin anak-anak saya ikut "tersesat" di lingkaran pekerjaan yang bukan menjadi bakat dan minatnya seperti saya. hehe...

Sedikit point penting buat saya yang mungkin bisa membuat readers semua ikut kepo pengen baca buku keren ini,

1. Setiap anak adalah pohon tertentu. Jika anak kita adalah pohon penyanyi, jangan paksakan dia untuk tumbuh menjadi pohon dokter
Tentu saja dia bisa menjadi seorang dokter seperti keinginan kita, tapi dokter yang serba tanggung. tidak bodoh dan juga bukan seorang dokter hebat,tidak terkenal tapi juga tidak sepi-sepi amat, tidak menonjol dan tidak terlalu ingin maju.
Berbeda jika si anak menjadi penyanyi, karena dia adalah pohon penyanyi tentu saja dia punya minat (passion) besar terhadap menyanyi, ditunjang dengan bakat alami yang dia bawa sebagai pohon penyanyi. Bisa dibayangkan bukan akan jadi penyanyi seperti apa anak kita kelak? Luar biasa hebat karena ditunjang kerja keras dan ketekunan yang ia lakukan dengan sukarela. Kenapa? Yup, karena dia punya minat dan bakat di bidang itu, tentu ia akan selalu melakukan yang terbaik untuk mengejar mimpi besarnya.

2. Jangan mudah menilai rendah terhadap minat anak.
Dengan kata lain kita sebagai orang tua jangan gampang negatif thingking pada anak kita. Misalnya ada anak yang suka melihat maket (miniatur bangunan) di pameran-pameran perumahan (seperti anak saya ;)). Seringkali kita langsung menanggapi,"adek ngapain liat itu lama-lama?", "apa nggak bosen?", "cuma kayak gitu kok dilihatin terus!" beserta komentar-komentar sinis lainnya. Yuk coba belajar menahan diri kita sebentar, cukup amati saja. Apa yang anak kita lihat? apa yang dia suka dari maket itu? arsitekturnya kah? kokohnya bangunan kah? taman-tamannya yang indah kah? desain kamarnya yang lucu kah? atau mungkin dia menyukai perpauduan cat dari tiap2 miniatur bangunan yang ada (ini jawaban putra sulung saya waktu saya tanya). Lihat, kan? kita bisa mengenal minat anak kita lebih jauh jika kita mau sedikit bersabar dan memperhatikan. Tak ada yang buruk terhadap minat anak kita, asal semua diawali dengan rasa senang hal sesulit apapun akan ditaklukkannya.

3. Tugas orang tua adalah memberi referensi dan pengetahuan tentang berbagai hal kepada anak. Kemudian AMATILAH.
Jangan biarkan anak kita terfokus pada pekerjaan maupun cita-cita yang umum saja. Ajaklah mereka kemana saja untuk memperluas pengetahuan. Mungkin kita bisa mengajak anak kita ke museum, peternakan sapi, pameran otomotif, pameran perumahan, pameran pendidikan, pasar malam, rumah ibadah, konser musik, pentas tari, lomba memasak, atau bisa juga diajak ke kantor kita sesekali. Berilah rangsangan sebanyak-banyaknya kepada anak dan AMATI, dimana minat mereka? apakah ia berbakat? Semakin banyak rangsangan yang kita berikan, maka akan semakin mudah kita memetakan potensi unggulnya.

Rasanya 3 hal tersebut sudah membuat Bunda penasaran bukan? akan ada banyak ilmu, banyak hikmah dari tiap pengalaman yang ada didalamnya dan makin banyak ide bagaimana kita akan mengantarkan anak kita masuk dalam slogan RIGHT MAN IN THE RIGHT PLACE. Sukses selalu para Ayah Bunda, semoga Resensi Buku Rahasia Ayah Edy Memetakan Potensi Unggul Anak ini banyak membantu yaa....

Salam hangat.
 

No comments:

Post a Comment

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.