8 Fakta Bawang Merah

BAWANG MERAH ( Allium cepa L.) atau dalam bahasa jawa biasa kita sebut dengan Brambang , memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. ...

8 Fakta Bawang Merah
BAWANG MERAH (Allium cepa L.) atau dalam bahasa jawa biasa kita sebut dengan Brambang, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut 10 Fakta tentang Bawang Merah yang harus Anda ketahui :

  1. Bawang Merah (Allium cepa L.) mengandung senyawa utama alliin, dimana senyawa ini didalam tubuh akan diubah oleh enzym alinase menjadi asam piruvat, ammonia dan alliisin yang merupakan zat anti mikroba dan bersifat bakterisid.
  2. Sifatnya yang menarik bakteri untuk dimatikan, maka jangan pernah menyimpan bawang merah yang akan dimasak dalam keadaan terkupas. Karena sama artinya Anda membiarkan bakteri dan kuman di sekitar menempel padanya.
  3. Sebaliknya, untuk menjaga kesehatan dianjurkan untuk meletakkan bawang merah kupas di dalam ruangan maupun kamar untuk meminimalisir penyebaran bakteri di ruangan tersebut. Dan ganti dengan bawang merah kupas baru setiap harinya. Ini bisa mengurangi penularan beberapa penyakit umum dari satu anggota keluarga ke anggota keluarga lainnya.
  4. Dalam sebutir Bawang Merah (Allium cepa L.) juga terkandung senyawa minyak atsiri, sikloaliin, metialiin, hidroaliin, flavonglikosida, kuersetin, saponin, peptida, sulfida, fitohormon, vitamin serta zat pati.
  5. Menyantap sate dengan Bawang Merah (Allium cepa L.) mentah merupakan cara untuk melindungi tubuh kita dari resiko kanker. Karena karbon yang terdapat pada sate yang merupakan pemicu kanker akan dinetralkan oleh senyawa sulfida yang terkandung dalam Bawang Merah (Allium cepa L.).
  6. Dengan mengunyah Bawang Merah (Allium cepa L.) mentah setiap hari, artinya Anda telah menjaga mulut dan gigi dari sumber penyakit yang bersarang di dalam mulut.
  7. Keuntungan memakan Bawang Merah (Allium cepa L.) setiap hari dapat mencegah sembelit, menjaga tekanan darah, mengontrol gula darah dan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, mengurangi resiko terkena kanker serta meningkatkan daya tahan tubuh.
  8. Sari Bawang Merah (Allium cepa L.) dapat mengobati jerawat dan ketombe pada kulit kepala.
Well, dengan seabrek kebaikannya rasanya sayang kan kalau tidak kita manfaatkan? Bagi Anda yang kurang suka mengunyah Bawang Merah (Allium cepa L.) mentah secara langsung, bisa dicampur sebagai salad atau topping masakan. Selamat mencoba ya...

Salam Hangat,

Related

Kesehatan 300055550042747864

Post a Comment

  1. Halo semua di laman web ini amat gembira kerana saya akhirnya mendapat pinjaman, semua pujian kepada ALLAH saya mendapat pinjaman Rp 170.000.000 juta dari Anthony Yuliana semoga ALLAH terus memberkati mereka, saya hanya membuat bayaran untuk biaya pinjaman saya yuran insurans dan pemindahan sebelum saya mendapat jumlah pinjaman saya sebesar Rp 170.000.000 juta ke dalam detail akun saya (BCA) 0272262754, bagi mereka yang mencari pinjaman harus berhati-hati karena ada banyak peminjam pinjaman palsu hanya sedikit yang nyata dan Anthony Yuliana adalah antara peminjam pinjaman sebenar dan ORIGINAL, anda juga boleh menghubungi Anthony Yuliana Lender jika anda memerlukan pinjaman, BBM INVITE ((E37F9BCC))
    whatsapp sahaja +1 4377000827 email (anthony.yulianalenders@gmail.com)
    e-mel saya sendiri (ennywaper771@gmail.com)

    ReplyDelete

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

Member of

Member of

Part of

Blogger Perempuan

Member of

Member of
Blogger Perempuan Semarang

Follow by Email

Random Artikel

item