Apa Yang Seharusnya BUMIL Tahu? (Serba Serbi Kehamilan)

Menjadi Ibu Hamil tentu lah istimewa, terlebih bagi Mommies yang sedang menjalani masa kehamilan untuk pertama kalinya. Bahagia, khawatir...

Apa Yang Seharusnya BUMIL Tahu? (Serba Serbi Kehamilan)
Menjadi Ibu Hamil tentu lah istimewa, terlebih bagi Mommies yang sedang menjalani masa kehamilan untuk pertama kalinya. Bahagia, khawatir, cemas, tak sabar menanti kelahiran si kecil tentu menjadi teman sehari-hari. Tak heran, para Bumil (Ibu Hamil) banyak meminta saran dan sharing dari banyak pihak, selain dokter, sering kali cerita dari keluarga, orang tua, sahabat dan teman-teman juga menjadi bahan pertimbangan. Bahkan kadang-kadang info dan berbagai macam saran tersebut sampai membuat Bumil menjadi cemas dan khawatir berlebih akan kesehatan diri dan sang calon bayi.

Berikut beberapa hal yang seharusnya Bumil tahu seputar kehamilan yang saya rangkum dari berbagai buku dan majalah kehamilan,

  1. Menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara menggosok gigi minimal dua kali sehari dan berkumur dengan air matang setelah makan sangatlah penting bagi Bumil, karena kuman yang berasal dari sisa-sisa makanan dapat menjadi sumber infeksi yang berkaitan dengan kelahiran prematur dan bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR).
  2. Produk susu dan susu yang tidak di pasteurisasi, daging dan seafood yang tidak dimasak matang karena rentan mengandung bakteri Listeria yang dapat membahayakan janin. Termasuk telur yang tidak dimasak matang, serta ikan dengan kandungan merkuri tinggi seperti hiu dan makarel.
  3. Hindari junk food dan makanan manis berlebihan yang hanya mengandung sedikit zat gizi untuk menghindari kelebihan berat badan. Tinggalkan alkohol dan membatasi konsumsi kafein juga termasuk hal yang wajib dilakukan Bumil.
  4. Perbanyak asupan cairan dan mengonsumsi lebih banyak makanan berserat dapat mengurangi resiko konstipasi yang dialami lebih dari 75% Ibu Hamil.
  5. Perbanyak asupan asam folat selama kehamilan. Menurut studi yang dilakukan di Norwegian Institute of Public Health, Oslo, menemukan adanya indikasi bahwa asam folat selain berperan dalam mencegah cacat lahir juga dapat membantu mencegah autisme di masa kanak-kanak. Sedangkan Journal of The American Medical Association menambahkan keunggulan asam folat lain dengan membuka kemungkinan adanya kaitan antara konsumsi asam folat dengan berkurangnya resiko gangguan otak lainnya pada anak.
  6. Pilah pilih buah apel. Hal ini berkaitan dengan sedang merebaknya apel impor jenis Granny Smith dan Gala yang mengandung bakteri Listeria monocytogenes. Menurut studi yang dimuat di The Journal of Experimental Medicine, bakteri Listeria masuk ke dalam usus dan plasenta melalui protein yang disebut phosphoinositide-3 kinase (PI3K), dimana dalam kasus yang terjadi beberapa waktu lalu, dilaporkan bakteri ini menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan kehamilan, salah satunya menyebabkan kematian pada janin. Baca Juga : Waspada Ancaman Bakteri Listeria!
  7. Anggapan bahwa Bumil dilarang menggaruk perutnya yang gatal sangatlah beralasan. Gatal pada perut saat masa kehamilan disebabkan kulit perut yang meregang sehingga menimbulkan gatal. Sedangkan menggaruk dapat meninggalkan bekas, sebaiknya cukup gunakan lotion atau minyak zaitun untuk mengurangi rasa gatal.
  8. Bumil boleh melakukan perawatan tubuh seperti spa massage, facial, atau luluran selama bahan-bahan yang digunakan tidak mengandung zat-zat yang berbahaya untuk kehamilan, seperti isotretinoin, hydroquinone. Yang tidak boleh dilakukan adalah urut pada bagian perut karena dikhawatirkan dapat menyebabkan plasenta terlepas.
  9. Penggunaan kuteks pada dasarnya diperbolehkan selama terbuat dari bahan-bahan non toksik. Namun sebaiknya tidak digunakan saat Bumil akan bersalin. Pada saat proses persalinan, dokter perlu memastikan sirkulasi darah Mommies dalam kondisi baik dan hal ini salah satunya dapat dinilai dari perubahan warna pada kuku.
Demikian beberapa hal yang seharusnya Bumil tahu seputar kehamilan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Mommies semua ya..

Salam Hangat,


Related

Tips 5045186628238436761

Post a Comment

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

Member of

Member of

Part of

Blogger Perempuan

Member of

Member of
Blogger Perempuan Semarang

Follow by Email

Random Artikel

item