Sampah Makanan, Jangan Dibuang!

Bagi seorang ibu tentunya sudah tidak asing lagi berhadapan dengan sampah makanan di rumah, terutama saat menyiapkan makanan bagi seluruh...

Sampah Makanan, Jangan Dibuang!
Bagi seorang ibu tentunya sudah tidak asing lagi berhadapan dengan sampah makanan di rumah, terutama saat menyiapkan makanan bagi seluruh anggota keluarga. Berapa banyak sampah dari bahan manakan yang dihasilkan setiap harinya? Sebenarnya kita semua tahu bahwa sampah organik dapat diolah menjadi pupuk kompos, namun tidak semua orang telaten membuatnya. Tunjuk diri sendiri, hehe...

So, saya punya beberapa alternatif memanfaatkan sampah makanan yang bisa Bunda coba di rumah. Minimal kita berusaha mengurangi sampah tak berguna dan memanfaatkan bahan makanan semaksimal mungkin. Jadi, Sampah Makanan, Jangan Dibuang! ^_^

1. Kulit Telur
Jangan buru-buru membuang kulit / cangkang telur setelah memasak. Pecahan kulit telur bila diletakkan pada tanaman pot dapat berfungsi sebagai pupuk yang baik karena mengandung nutrisi (protein) yang dapat diserap oleh tanah. 

Pecahan kulit telur juga berguna saat Bunda kesulitan membersihkan botol yang tinggi, tinggal masukkan pecahan kulit telur, lalu kocok. Botol pun bisa dicuci dengan bersih.

2. Beras
Tahukan Bunda, bahwa beras bisa digunakan sebagai penghisap lembab sebagaimana silika gel? Lubang pada tempat merica, garam atau bumbu penyedap sering mampat karena lembab. Saat itu terjadi, Bunda tinggal memasukkan beberapa butir beras ke dalam wadah, dan beras akan menyerap kelembaban dalam botol.

Air cucian beras juga dapat dipakai sebagai cairan pencuci muka, penyubur tanaman dan pemoles lantai! Cukup siram air cucian beras pada lantai, diamkan 3 menit, lalu lap dengan kain pel kering. Kandungan dalam kulit ari beras dapat menghilangkan kotoran.

3. Kulit Kentang
Cermin kamar yang buram karena debu serta cermin kamar mandi yang kusam terkena cipratan air dapat dibersihkan dengan kulit kentang. Demikian juga bila Bunda merendam kulit kentang dengan air dalam cangkir bekas teh semalaman, noda di cangkir pun akan menghilang tanpa jejak! WOW.

4. Selada
Bakar selada yang tak habis di makan menggunakan panci sampai kering, kemudian tumbuk sampai menjadi bubuk. Saat menggosok gigi taburkan bubud selada di atas pasta gigi, sehingga dapat menghilangkan karang gigi secara alami dan membuat mulut terasa segar.

5. Kulit Jeruk
Seperti yang kita ketahui, kulit jeruk sangat banyak manfaatnya. Saya pribadi sering menggunakannya saat mencuci piring dan sari kulit jeruk dapat dipakai sebagai pewangi alami. Selain itu ternyata kulit jeruk yang dijemur, kemudian direbus dalam air dapat bermanfaat sebagai pelembut pakaian alami. Menarik, bukan?

6. Roti Kadaluwarsa
Roti kadaluwarsa yang disimpan di dalam kulkas bisa berfungsi sebagai penghilang bau. Tidak hanya bau amis, tapi juga menyerap lembab. Agar lebih maksimal, Bunda dapat sedikit membakar rotinya terlebih dahulu dengan panci, karena adanya kerja karbon aktif. 

Selamat mencoba ya, Bunda. Sampah Makanan, Jangan Dibuang! ^_^

Salam Hangat,

Sumber : Buku Keluarga Super Irit 1 & Pengalaman Pribadi


Related

Tips 1138634541542101428

Post a Comment

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

Member of

Member of

Part of

Blogger Perempuan

Member of

Member of
Blogger Perempuan Semarang

Follow by Email

Random Artikel

item