Jul 30, 2015

Fun Time #5 : Percobaan Berat Jenis

Fun Time #5 : Percobaan Berat Jenis
Percobaan Berat Jenis
Fun Time #5 : Percobaan Berat Jenis - Di awal tahun ajaran baru ini, saya sudah punya banyak list percobaan yang akan dilakukan setiap minggunya bersama anak-anak. Pastinya setelah libur lebaran yang cukup panjang mereka juga sudah tidak sabar menantikan hari Rabu malam yang telah kami nobatkan sebagai hari "Craft & Experiment".

Kali ini kami akan melakukan Percobaan Berat Jenis. Alasannya sederhana, karena bahan yang dibutuhkan sangat sedikit dan selalu tersedia di dapur kami, alias males ribet. Hehe.. Walaupun si Abang yang masih duduk di kelas 2 SD belum diajarkan tentang berat jenis, tapi saya yakin dengan percobaan seru serta penjelasan yang mudah dimengerti, ia akan selalu mengingat prinsip percobaan berat jenis ini.

Alat dan Bahan : 
  • Telur ayam mentah
  • Air
  • Minyak
  • Gula
  • Garam
  • Gelas Plastik (transparan)
Percobaan :
  1. Sebelum melakukan percobaan sebaiknya kita mengenalkan pada anak tentang berat jenis. Jelaskan apa itu benda padat dan benda cair, bahwa benda padat dapat diketahui beratnya dengan ditimbang (berikan contoh berat telur berbeda berat semangka). Kemudian terangkan bahwa benda cair juga memiliki berat yang berbeda-beda, namanya berat jenis.
  2. Isi gelas plastik dengan air, kemudian masukkan telur. Lihat apa yang terjadi
  3. Tambahkan air dengan garam sehingga menjadi larutan garam, kemudian masukkan telur. Amati
  4. Ganti larutan garam dengan larutan gula, masukkan telur. Amati
  5. Ganti larutan garam dengan air + minyak goreng. Amati
  6. Larutan garam + minyak goreng + telur. Amati
  7. Isi gelas plastik dengan minyak goreng, masukkan telur. Amati
  8. Tulis laporan percobaan pada buku atau selembar kertas. Kalau kami menuliskannya di buku aktifitas rumah.
  9. Cari referensi tentang berat jenis masing-masing larutan di pustaka, atau Bunda bisa mengajak anak mencarinya bersama.
  10. Jelaskan kaitan antara hasil percobaan dengan pustaka yang didapatkan.
Secara sederhana, abang bisa memahami bahwa setiap larutan / cairam memiliki berat yang berbeda-beda. Dimana semakin besar berat jenis zat cair, maka ia akan dapat mengangkat sesuatu (dalam hal ini telur bisa melayang bahkan terapung), sama logikanya dengan orang yang memiliki berat badan lebih bisar akan lebih mudah mengangkat sesuatu dibandingkan yang kurus. Dapat Bunda tambahkan pula contoh fenomena laut mati (buka yutub) ^_^

Dari Fun Time #5 : Percobaan Berat Jenis kami jadi tahu, berapa banyak garam yang dibutuhkan untuk membuat telur melayang, juga berapa banyak untuk membuat telur terapung. Serta fakta bahwa dengan penambahan yang sama, larutan gula tetap tidak mampu membuat telur melayang.

Fun Time #5 : Percobaan Berat Jenis
Laporan Percobaan Berat Jenis

Percobaan ini kami akhiri dengan mengajarkan konsep lebih besar dan lebih kecil. Mana cairan yang lebih besar berat jenisnya dan mana yang lebih kecil. Sambil belajar mengurutkan berat jenis dari yang terbesar ke yang terkecil. Apakah sesuai dengan pustaka? Kemudian dibuat sebuah kesimpulan. Mudah bukan?

Bunda bisa mengeksplorasi kegiatan Fun Time #5 : Percobaan Berat Jenis ini lebih jauh, seperti dengan menambahkan larutan cuka, larutan sirup, larutan susu, pasti akan membuat aktifitas makin seru. Saran saya persiapkan beberapa telur sebelumnya, untuk berjaga-jaga kemungkinan terjadi 'tragedi' telur pecah seperti yang terjadi pada kami. Hehe...

Pada akhirnya, meskipun semua lantai basah, sedikit-sedikit ambil tisue dan lap, korban dua buah telur pecah, tangan lengket terkena aneka rupa, tapi keceriaan anak-anak serta pelajaran yang didapat sangat tak tergantikan. So, tunggu apa lagi? Let's try!

Salam Hangat,


No comments:

Post a Comment

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.