Aug 8, 2015

Fun Time #6 : Membuat Tempat Pensil dari Gelas Bekas

Fun Time #6 : Membuat Tempat Pensil dari Gelas Bekas
Berawal dari ide si sulung yang kepingin jualan, jadilah kami prakarya pas jadwal Fun Time #6 : Membuat Tempat Pensil dari Gelas Bekas. Pemikiran saya, kalau harus beli barang baru untuk dijual ke teman-teman di sekolah, pastinya harga jual jadi lebih mahal. Lagipula tentunya teman-temannya sudah punya barang-barang bagus yang dibelikan oleh orang tua mereka, kalau buatan sendiri tentu tiada duanya bukan?

Setelah kami tengok sana sini via mbah gugel dan ucup (a.k.a yutub) serta berdasarkan ketersediaan barang bekas yang ada di rumah, akhirnya kami putuskan Fun Time #6 : Membuat Tempat Pensil dari Gelas Bekas.

Alat dan Bahan :

  • Wadah bekas : Gelas / botol / karton / kaleng, dll
  • Pensil warna bekas : Ingat ya, tolong diperhatikan kata 'BEKAS' yang artinya tidak terpakai. Kalau harus beli baru dulu namanya bukan daur ulang, tapi pemborosan. Hehe... Kebetulan pensil yang kami gunakan sudah tidak terpakai hampir 3 tahun lalu karena kualitasnya yang tidak bagus, tapi setelah dilap dan diraut ternyata masih nampak bagus.
  • Kertas untuk sampul
  • Double tip
  • Gunting
  • Hiasan lainnya : bisa bongkar-bongkar dari mainan anak yang sudah tak terpakai
Tutorial Pembuatan :
  1. Bersihkan wadah bekas yang akan digunakan, kemudian tempel dengan double tip di sekeliling permukaan. 
    Fun Time #6 : Membuat Tempat Pensil dari Gelas Bekas
  2. Ukur tinggi wadah, kemudian potong kertas sesuai ukuran.
  3. Rekatkan kertas disekeliling permukaan wadah 
  4. Pada bagian luar wadah, tempel double tip tepat di bagian bawah
  5. Tempelkan pensil warna satu per satu pada permukaan wadah
    Fun Time #6 : Membuat Tempat Pensil dari Gelas Bekas
  6. Atur dan acak warna serta ketinggian pensil sedemikian rupa agar indah dipandang
  7. Tambahkan hiasan lain yang dapat mempercantik tempat pensil
  8. Kemas dengan rapi (karena ini diniatkan untuk dijual) ^_^
Taraaa jadilah tempat pensil buatan kami! Meski tidak terlalu rapi, yang penting happy. Lagipula, mana mungkin mikir rapi-rapian kalau main sama anak. Hehe.. 

Setelah dikemas dan cukup puas dengan hasilnya, tempat pensil dimasukkan ke dalam tas untuk ditawarkan pada teman-teman sekolah si sulung keesokan harinya. Dan, surprise!! Ada teman sekolah Abang yang ingin memesan dua buah! Lah, kan ini cuma ada satu? Kalau mau buat lagi, masa iya harus beli pensil warna baru (ingat, daur ulang lho! bukan pemborosan..). 

Ternyata, temen tersebut memesan dua buah dengan model yang 'terserah'. Artinya boleh dihias apa saja yang penting bagus, katanya. Senangnya... artinya abang masih punya PeeR membuat kreasi Fun Time #6 : Membuat Tempat Pensil dari Gelas Bekas lagi. Itulah salah satu kelebihan buatan sendiri dibanding beli di toko. Jangan tanya terjual dengan harga berapa ya, tempat pensil ini berhasil dijual seharga Rp. 10.000,- dan kepuasan tak terkira. ^_^

Salam Hangat,

No comments:

Post a Comment

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.