Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan Linguistik via ekoph.wordpress.com Setiap orang memiliki kecerdasan yang berbeda. Sebagaimana pernah kita bahas di artikel M...

Kecerdasan Linguistik
Kecerdasan Linguistik via ekoph.wordpress.com
Setiap orang memiliki kecerdasan yang berbeda. Sebagaimana pernah kita bahas di artikel Mengenal Cara Belajar Anak (Learning Style), kita tahu bahwa ternyata setiap orang memiliki kecerdasan majemuk atau Multiple Intelligence. Dimana menurut penemunya, Prof. Howard Gardner dalam setiap diri manusia terdapat 8 macam kecerdasan dengan kadar pengembangan yang berbeda.

Dari 8 jenis kecerdasan ini, biasanya terdapat 3 macam kecerdasan yang berkembang secara dominan. Hal ini dipengaruhi oleh watak, pola pengasuhan,pengaruh lingkungan dll. Lantas untuk apa kita tahu kecerdasan dominan jenis apa yang kita miliki? Tentu ini dapat sebagai bahan pertimbangan dalam mengasah bakat serta passion kita, akan lebih bermanfaat lagi bila kita dapat mengetahuinya sejak dini.

Bagi anak-anak, hal yang paling saya rasakan setelah mengetahui bahwa putra sulung kami menonjol dalam kecerdasan linguistik, intrapersonal dan kinestetik adalah saya dapat mengarahkan cara belajar yang paling sesuai dengan kepribadiannya tersebut. Jadi sejak tahun lalu saya bersyukur si Abang tidak terjebak dalam cara belajar yang salah seperti yang dilakukan orang kebanyakan.

"Kecerdasan linguistik adalah kemampuan untuk menggunakan kata-kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan. Kecerdasan ini mencakup kepekaan terhadap arti kata, urutan kata, suara, ritme dan intonasi dari kata yang di ucapkan. Termasuk kemampuan untuk mengerti kekuatan kata dalam mengubah kondisi pikiran dan menyampaikan informasi."

Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang kecerdasan linguistik (word smart), satu diantara tujuh kecerdasan lain dalam teori multiple intelligence. Kecerdasan linguistik adalah kemampuan untuk menggunakan kata-kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan. Kecerdasan ini mencakup kepekaan terhadap arti kata, urutan kata, suara, ritme dan intonasi dari kata yang di ucapkan. Termasuk kemampuan untuk mengerti kekuatan kata dalam mengubah kondisi pikiran dan menyampaikan informasi.

Berikut checklist kecerdasan linguistik bagi anak usia Sekolah Dasar (SD) atau 7 - 12 tahun,
  1. Suka menulis kreatif di rumah
  2. Mengarang kisah khayal atau menuturkan lelucon dan cerita
  3. Sangat hafal nama, tempat, tanggal atau hal-hal kecil
  4. Menikmati membaca buku di waktu senggang
  5. Mengeja kata-kata dengan tepat dan mudah
  6. Menyukai pantun lucu dan permainan kata
  7. Suka mengisi teka-teki silang atau melakukan permainan seperti scrable atau anagram
  8. Menikmati mendengarkan kata-kata lisan (cerita, program radio, pembacaan buku dsb)
  9. Mempunyai kosakata yang luas untuk anak seusianya
  10. Unggul dalam pelajaran sekolah yang meilbatkan membaca dan / atau menulis
Jika putra / putri Bunda memiliki lima atau lebih dari total aktifitas yang ada di daftar, maka mengindikasikan putra / putri Bunda memiliki potensi atau bakat cerdas yang dominan pada bidang linguistik. Tinggal kita temukan kecerdasan dominan lainnya dan kombinasikan agar dapat berkembang menjadi kecerdasan optimal dan menghasilkan karya yang bermanfaat.

Selamat mencoba! ^_^

Sumber : Quality of Life Accelerator (Qualifa)
Jl. Dewi Sartika No.82 Semarang

Related

Pendidikan Anak 6201968727625496516

Post a Comment

  1. Halo semua di laman web ini amat gembira kerana saya akhirnya mendapat pinjaman, semua pujian kepada ALLAH saya mendapat pinjaman Rp 170.000.000 juta dari Anthony Yuliana semoga ALLAH terus memberkati mereka, saya hanya membuat bayaran untuk biaya pinjaman saya yuran insurans dan pemindahan sebelum saya mendapat jumlah pinjaman saya sebesar Rp 170.000.000 juta ke dalam detail akun saya (BCA) 0272262754, bagi mereka yang mencari pinjaman harus berhati-hati karena ada banyak peminjam pinjaman palsu hanya sedikit yang nyata dan Anthony Yuliana adalah antara peminjam pinjaman sebenar dan ORIGINAL, anda juga boleh menghubungi Anthony Yuliana Lender jika anda memerlukan pinjaman, BBM INVITE ((E37F9BCC))
    whatsapp sahaja +1 4377000827 email (anthony.yulianalenders@gmail.com)
    e-mel saya sendiri (ennywaper771@gmail.com)

    ReplyDelete

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

Member of

Member of

Part of

Blogger Perempuan

Member of

Member of
Blogger Perempuan Semarang

Follow by Email

Random Artikel

item