Sep 29, 2015

Kecerdasan Visual dan Spasial

Kecerdasan Visual dan Spasial
Kecerdasan Visual dan Spasial via riasahirin.wordpress
Kecerdasan Visual dan Spasial merupakan jenis kecerdasan ketiga yang kita bahas dalam Multiple Intelligence temuan Prof. Howard Gardner, setelah dijabarkan tentang Kecerdasan Linguistik dan Kecerdasan Logis Matematis pada artikel sebelumnya.

Kecerdasan Visual dan Spasial adalah kemampuan untuk melihat dan mengamati dunia visual dan spasial secara akurat (cermat). Visual artinya gambar, sedangkan spasial yaitu hal-hal yang berkenaan dengan ruang atau tempat. Kecerdasan Visual dan Spasial ini melibatkan kesadaran akan warna, garis, bentuk, ruang ukuran dan juga hubungan di antara elemen-elemen tersebut. Jenis kecerdasan ini juga melibatkan kemampuan untuk melihat obyek dari berbagai sudut pandang.
"Kecerdasan Visual dan Spasial adalah kemampuan untuk melihat dan mengamati dunia visual dan spasial secara akurat (cermat)."
Orang dengan kecerdasan visual dan spasial yang dominan, umumnya menyukai seni, pencatatan secara visual, kamera, handycam, mudah membaca peta atau navigasi serta memiliki kemampuan mengerti arah dengan baik.

Berikut check list kegiatan yang identik dengan Kecerdasan Visual dan Spasial, khususnya untuk anak usia Sekolah Dasar (SD) :

  1. Menonjol dalam kelas seni di sekolah
  2. Memberikan gambaran visual yang jelas ketika sedang memikirkan sesuatu
  3. Mudah membaca peta, grafik dan diagram
  4. Menggambar sosok orang atau benda yang persis dengan aslinya
  5. Senang melihat film, slide atau foto
  6. Menikmati teka-teki seperti jigsaw, maze, puzzle atau kegiatan visual lainyya
  7. Sering melamun
  8. Membangun konstruksi tiga dimensi yang menarik, seperti bangunan dari lego
  9. Mencorat-coret di atas selembar kertas atau buku tugas sekolah
  10. Lebih banyak memahami lewat gambar daripada lewat kata-kata ketika sedang membaca
Bila terdapat lima kegiatan atau lebih dalam check list di atas yang sesuai dengan putra putri Bunda, artinya ananda dominan dalam Kecerdasan Visual dan Spasial. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan hal tersebut untuk mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki ananda, seperti belajar menggunakan media video maupun diagram agar lebih mudah dimengerti anak, menyediakan lego dan alat lukis untuk mengembangkan minatnya, atau bagi yang suka memotret bisa juga dengan mengajak putra putri kita ke alam bebas untuk mengamati sambil belajar memotret dan membuat video. Pasti seru bukan! Jadi, selamat mencoba ya, Bunda... ^_^

Salam Hangat,

No comments:

Post a Comment

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.