4 Penulis Favorit dari Berbagai Genre

4 Penulis Favorit dari Berbagai Genre Tema Penulis Favorit yang dipilih Mba Irfa Hudaya Ekawati, empunya  http://www.irfahudaya.net/...

4 Penulis Favorit dari Berbagai Genre
4 Penulis Favorit dari Berbagai Genre
Tema Penulis Favorit yang dipilih Mba Irfa Hudaya Ekawati, empunya http://www.irfahudaya.net/ dan Dani Ristyawati yang cerita-ceritanya bisa dibaca di http://daniaku.com/ pada #ArisanBlogGandjelRel periode 10 ini cukup membuat saya hilang ide. Meski termasuk pecinta buku, entah mengapa saya kesulitan jika ditanya tentang penulis favorit. Mungkin karena setiap penulis memiliki ciri khasnya masing-masing. Namun sebagai penyuka buku yang ditulis berdasarkan kisah nyata, maka penulis favorit bagi saya adalah ia yang bisa menceritakan pengalaman hidupnya dengan apik hingga menginspirasi pembacanya. Berdasarkan definisi (versi saya) tersebut, maka beberapa penulis berikut adalah favorit saya!

1. Trinity
Trinity adalah penulis favorit saya untuk genre traveling book. Diantara buku-buku ngebolang yang saya miliki, paling banyak adalah seri The Naked Traveler karya Trinity. Mbak-mbak kantoran yang kini menjadi full time traveler dan part time writer ini sukses membuat saya (dan banyak pembaca lainnya) jadi baper kepingin piknik. Eksplorasinya yang anti mainstream di setiap destinasi yang ia tuju, membuat saya melihat sebuah obyek wisata dari sudut pandang lain. Bila umumnya ngetrip selalu identik dengan tempat wisata, maka Trinity telah berhasil mengembalikan ngetrip kepada makna harfiahnya, yaitu melakukan sebuah perjalanan.
4 Penulis Favorit dari Berbagai Genre
The Naked Traveler Series
pic by : bentangpustaka.com


2. Felix Y. Siaw
Saya lebih mengenal nama Felix Y. Siauw sebagai penulis, lebih tepatnya penulis biografi sejarah Islam, meski beliau sekaligus seorang pendakwah. Pesan dakwah yang disampaikannya melalui novel-novel sejarah kebudayaan Islam sangat menggugah hingga membangkitkan kecintaan saya pada tokoh-tokoh Muslim dalam sejarah. Setelah sukses mengangkat karakter khalifah pada masa Dinasti Ottoman (Utsmaniyyah) di Turki, semoga beliau juga mau menuliskan kisah-kisah pejuang Islam lainnya. Saya pastikan tidak akan melewatkan karya-karya sejarah berikutnya!
4 Penulis Favorit dari Berbagai Genre
Salah satu novel sejarah karya Felix Y. Siauw
pic by : bukalapak.com

3. Hanum Rais
Dua novel pertama karya Hanum Rais, yaitu 99 Cahaya di Langit Eropa dan Bulan Terbelah di Langit Amerika, membuat saya terbuai dengan kisah hidup yang mengantarkan seorang perantauan seperti dirinya menuju sebuah pengalaman untuk menemukan kebenaran-kebenaran agamanya. Dalam kategori buku yang diangkat dari pengalaman pribadi si penulis, saya suka banget dengan buku-buku Hanum Rais.
4 Penulis Favorit dari Berbagai Genre
Buku Karya Hanum Rais
4. Mbak Kerani
Nah kalau di genre komedi, pengalaman Mbak Kerani ini sepertinya belum ada yang ngalahin apes dan konyolnya! Penulis (atau yang lebih suka dipanggil Curhater) My Stupid Boss ini sampai sekarang sukses bikin fansnya penasaran. Saya aja penasaran banget gimana wajah asli Pak Boss ini. Pokoknya Mbak Kerani keren lah, bisa melihat pengalaman pahit di kantornya dari sisi komedi, pantas saja ada pepatah yang mengatakan bahwa komedi adalah sebuah tragedi yang telah melewati beberapa masa. Jadi segala tragedi itu pada akhirnya akan jadi komedi, hehe..
4 Penulis Favorit dari Berbagai Genre
Seri My Stupid Boss

Kalau dilihat lagi, empat penulis favorit saya di atas memiliki satu kesamaan, yaitu semua ceritanya based on true story. Hampir semua buku koleksi saya adalah berdasar kisah nyata, baik pengalaman pribadi maupun diceritakan kembali. Sisanya adalah sebagian kecil novel cinta-cintaan yang beli jaman sekolah dulu. Tapi kalau dipinjemin novel karya mbak Dee atau bang Tere Liye saya tetap nggak nolak kok, hehe... Kalau kamu, siapa penulis favoritmu?

Related

Resensi Buku 4959007004402409295

Post a Comment

  1. Wah beragam banget ya mbak penulis favoritnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. iyya mba, asal ceritanya based on true story itu saya suka ^_^

      Delete

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

Member of

Member of

Part of

Blogger Perempuan

Member of

Member of
Blogger Perempuan Semarang

Follow by Email

Random Artikel

item