Mengenal Propolis, Lem Lebah Kaya Manfaat

Apa yang pertama kali terlintas saat mendengar kata Propolis? Kalau saya nih, suplemen, obat, dan imun. Tapi banyak yang belum tahu bahwa pr...

Mengenal Propolis, Lem Lebah Kaya Manfaat
Apa yang pertama kali terlintas saat mendengar kata Propolis? Kalau saya nih, suplemen, obat, dan imun. Tapi banyak yang belum tahu bahwa propolis punya nama lain Lem Lebah. Yaitu suatu zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari sumber tumbuhan seperti aliran getah atau tunas pohon. Umumnya propolis berwarna coklat kehijauan hingga coklat tua. Dimana komposisi propolis tergantung dari kualitas asal bahan yang dikumpulkan oleh lebah (sumber : wikipedia Indonesia). Bagi lebah sendiri propolis sangat berguna untuk memperkuat struktur sarang, mengurangi getaran dalam sarang, memperkuat pertahanan sarang, mencegah penyakit, bakteri, dan parasit memasuki sarang.

Sedangkan dalam sejarah dunia teknologi kedokteran masa lampau, propolis telah digunakan oleh bangsa Mesir kuno untuk mengawetkan mumi. Bangsa Asiria mengenal propolis sebagai obat melawan kanker dan tumor, sedangkan bangsa Yunani memanfaatkannya sebagai obat luar, khususnya bisul. Penggunaan propolis oleh Bangsa Georgia makin beragam, mulai sebagai antiseptik dan desinfektan yang dioleskan pada tubuh bayi dan mainannya, mengobati kutil, mengurangi gangguan pernapasan, menyembuhkan luka bakar, hingga angina.

"Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia." QS. An-Nahl : 69

Secara praktis, propolis teruji kemampuannya menekan pertumbuhan bakteri, virus, dan fungi (anti mikroba), serta meredakan peradangan (anti inflamasi). 

Mengenal Propolis, Lem Lebah Kaya Manfaat

Mengutip laman news.unair.ac.id, propolis terdiri dari 50% resin, 30% wax (malam), 10% minyak esensial, 5% pollen, dan 5% komponen organik lainnya. Dimana dalam resin tersebut mengandung zat falvonoid, fenol, serta berbagai bentuk asam. Caffein Acid Phenethyl Ester (CAPE) yang merupakan salah satu ikatan fenol dalam propolis terbukti sebagai zat aktif flavonoid yang merupakan senyawa kimia bersifat :

  • antibakteri
  • antifugal
  • antiviral
  • antioksidan
  • anti inflamasi

Apa itu British Propolis (BP)?

Lantas bagaimana dengan British Propolis? British propolis dipercaya merupakan salah satu propolis  dengan kualitas terbaik di dunia. Oleh karenanya tak heran jika banyak masyarakat menggunakan British Propolis (BP) ini sebagai suplemen dan obat premium yang wajib dimiliki setiap keluarga dalam kotak obatnya. 

BP bisa dipakai untuk apa saja?

Mengingat zat aktif berkualitas tinggi yang terkandung dalam British Propolis membuat penggunaan BP dalam kehidupan sehari-hari menjadi sangat luas. Yang secara ringkas dapat diuraikan menjadi 4 poin berikut :

1. Menjaga stamina

BP sangat baik diminum setiap hari untuk menjaga stamina tubuh. Terlebih di masa pandemi seperti ini, stamina adalah garda terdepan kita dalam menangkal virus. 

2. Meningkatkan kekebalan (imun) tubuh

Alergi adalah salah satu contoh akibat dari kurangnya kekebalan tubuh. Pada anak-anak, alergi biasanya terjadi karena pembentukan sistem imun yang belum sempurna. Sehingga tak jarang seorang yang waktu kecil alergi makanan laut, saat besar tak lagi mengalaminya. Nah, BP membantu kita untuk meningkatkan imun tubuh, bahkan beberapa dokter menyarankan penggunaan BP kids untuk anak-anak guna mengurangi reaksi alergi. 

3. Mempercepat pemulihan

Jika pada artikel lampau saya pernah membahas tentang getah pohon betadin sebagai obat luka alami, maka BP ini adalah versi yang sudah teruji klinis dengan banyak penelitian. Tak hanya pemulihan luka luar, BP juga direkomendasikan untuk mempercepat pemulihan pasien tumor dan kanker, penderita herpes, bahkan mengurangi radang pada jerawat.

Mengenal Propolis, Lem Lebah Kaya Manfaat

Yang lebih bikin kaget, ternyata saat ini sudah banyak produk skincare yang memanfaatkan propolis sebagai kandungannya. Dengan anti oksidan tinggi, sifat anti mikroba dan anti inflamasi, kini propolis sudah hadir dalam bentuk serum wajah, serum mata, masker, toner, dan essence. Meski dibanderol dengan harga yang tidak murah, nyatanya produk skincare propolis ini banyak dicari karena segudang manfaatnya.

4. Sebagai obat luar

Olesan propolis pada luka luar akibat terjatuh, luka bakar, sariawan, dapat mempercepat penyembuhan. Beberapa waktu lalu si Abang terjatuh dengan dua luka cukup besar di lututnya. Saat itu langsung kami oleskan BP secara rutin setiap habis mandi dan sebelum tidur. Meski sempat bengkak setelah jatuh, bersyukur lukanya cepat menutup. 

Mengenal Propolis, Lem Lebah Kaya Manfaat

Dalam bidang kedokteran gigi, propolis berguna dalam perawatan caping pulpa, dimana propolis terbukti memiliki kemampuan adaptasi yang cukup baik pada permukaan dentin karena adanya bees wax yang terkandung di dalamnya (sumber : https://www.doi.org).

Mengapa harus BP?

Mengenal Propolis, Lem Lebah Kaya Manfaat

Hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa kandungan flavonoid dalam British Propolis lebih besar 3 - 4 x lipat dari propolis yang dihasilkan di Indonesia. Maka diharapkan manfaat maksimal akan kita peroleh dari penggunaan BP secara teratur. 

Cara pemakaian British Propolis

Diminum : Teteskan 4 - 5 tetes dalam setengah gelas air hangat, aduk rata, diminum secara rutin 2 - 3 kali sehari dalam kondisi perut kosong. Untuk takaran optimal bisa dihitung 1 tetes / 10 kg BB (tersedia BP kids bagi anak-anak, dengan takaran 2 tetes / 10 kg BB anak). Rasa pahit dari propolis dapat dikurangi dengan menambahkan madu secukupnya.

Sebagai catatan, penggunaan BP adalah untuk usia di atas 1 tahun, ya! 

Penggunaan luar : Oleskan pada bagian kulit yang memerlukan dengan menggunakan cotton bud atau kain lembut yang dibasahkan dengan cairan propolis.

Cara penyimpanan

Simpan pada suhu di bawah 30 derajat celcius dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Bisa beli BP di mana?

Nah ini pasti yang ditunggu-tunggu, kalian bisa langsung menghubungi sahabat saya, Tri Hadiyah melalui kontak berikut :

WA chat : 0813 3315 5901

Instagram : @trihadiyah

Facebook : Tri Hadiyah

Kalau mau konsul dan tanya-tanya lebih lengkap mengenai British Propolis kegunaannya, bisa banget dan dijamin fast respon. Seperti saya yang baru paham pentingnya selalu punya stok BP di rumah setelah dicobain sama Mba Tri ini. Tengkyuu, kiss-kiss.. ^,^^

Related

Ulasan 2938794058921790071

Post a Comment

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

item