Fun Time #3 : Membuat Pigura Foto Sederhana

Membuat pigura foto atau photo frame adalah salah satu jenis kegiatan yang paling mudah dilakukan bersama anak-anak, karena pada usia TK...

Fun Time #3 : Membuat Pigura Foto Sederhana
Membuat pigura foto atau photo frame adalah salah satu jenis kegiatan yang paling mudah dilakukan bersama anak-anak, karena pada usia TK dan SD memang mereka sedang senang bermain dengan gunting, lem dan cat. Kalau Mommies mungkin sudah tidak asing dengan membuat pigura foto dari kardus, kertas kado, flanel maupun aneka kain lainnya, nah kali ini saya dan dua jagoan saya akan membuat pigura yang dihias dengan potongan CD (compact disc).

Alat :
1. Cutter / gunting
2. Lem / double tip
3. Penggaris
4. Pensil
5. Kuas

Bahan :
1. Karton / kardus bekas sebagai bahan pigura
2. Cat untuk melapisi pigura (bisa diganti crayon / kertas kado / kain)
3. CD yang tak terpakai (rusak) digunting aneka bentuk dan ukuran


How To :
  1. Buat sketsa pigura dari kardus tak terpakai (saya menggunakan kardus bekas mainan) dan gunting sesuai pola yang ada. Ukuran pigura menyesuaikan ukuran foto yang akan dipasang ya, untuk bentuknya Mommies bebas berkreasi dibentuk apa saja. Kebetulan kami membuat pigura sederhana berbentuk persegi agar si Abang lebih mudah mengguntingnya.
  2. Warnai list / pinggiran pigura dengan cat (warna & media mewarnai bisa sesuai minat anak). Selain di cat juga bisa dibungkus dengan kertas kado, kain katun bekas, flanel atau digambar langsung menggunakan crayon.
  3. Tunggu sampai cat mengering sembari kita potong-potong CD yang sudah di siapkan menggunakan gunting.
  4. Tempelkan potongan CD secara acak, atau dapat pula dibuat pola tertentu. Jadi deh pigura kita!!
  5. Agar foto yang dipajang tidak kotor dan berdebu, bagian dalam pigura bisa dilapisi dengan mika bekas (jika tersedia), kalaupun nggak ada ya tinggal kita lap aja tiap hari. Nambah tanggung jawab buat si kecil ^_^

Sedikit tips, kalau list pigura dihias dengan cat seperti yang kami lakukan, cat tidak perlu ditunggu sampai mengering. Saat cat masih basah langsung kita tempel dengan potongan CD, jadi begitu cat mulai kering maka potongan CDpun akan otomatis menempel pada karton. Hemat lem kan? hehe...

Hasil prakarya kali ini cukup bikin si Abang bangga, sampai tiap hari pigura fotonya dilihat dan dipindah-pindah letaknya sambil senyum-senyum sendiri. Apalah yang lebih berharga bagi seorang Ibu selain melihat buah hatinya tersenyum. So, boleh dicoba dengan ide yang lebih keren ya Mommies!

Salam Hangat,



Related

Tutorial 2539646813035057839

Post a Comment

  1. CD bekas bisa di ganti pake kulit telur, pernah saya baca artikel kerajinan dari kulit telur keren juga kalo di buat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyya good idea! sy pernah pke kulit telur jg, dibentuk sesuatu gt jd keren..

      Delete
  2. Iya betul, kulit telur memang bagus buat kerajinan tempel-tempel. Selain itu bagus juga kalo dihancurin terus dikasi ke taneman lho, krn ada kandungan proteinnya juga. ;)

    ReplyDelete

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

Member of

Member of

Part of

Blogger Perempuan

Member of

Member of
Blogger Perempuan Semarang

Follow by Email

Random Artikel

item