TUA VS DEWASA

Menurut rumusannya tua dan dewasa mempunyai hubungan berbanding lurus, dimana kedewasaan seseorang akan semakin bertumbuh dengan bertamb...

Menurut rumusannya tua dan dewasa mempunyai hubungan berbanding lurus, dimana kedewasaan seseorang akan semakin bertumbuh dengan bertambahnya usia. Namun layaknya ilmu statistika, dalam suatu nilai selalu terdapat simpangan, dan pada kenyataannya kedua hal tersebut tak akan selalu berbanding lurus pada setiap orang. 



Bagi saya dewasa itu adalah hal abstrak yang penilaiannya sangat subyektif. Sulit untuk menemukan arti sebenarya dalam kamus, terkecuali yg telah diatur dalam agama yaitu datangnya haid bagi perempuan dan mimpi basah bagi laki2, itupun tidak serta merta membuat mereka menjadi dewasa bukan? 

Ya, karena dewasa itu proses bersamaan dengan pertambahan usia. 
Banyak orang menilai kedewasaan dari cara berfikir, itu benar. Tapi bagi saya kedewasaan berfikir selayaknya diikuti dengan kedewasaan dalam bertutur kata, bersikap dan perilaku dalam keseharian. 
Beberapa orang merasa ia telah dewasa, namun justru tidak demikian menurut orang-orang di sekelilingnya. Itulah mengapa dewasa sangat bersifat subyektif. 
Ada yang merasa dewasa, sedangkan ia adalah pribadi tak bertanggung jawab. 
Ada yang merasa dewasa, sedangkan ia suka berkata kasar. 
Ada yang merasa dewasa, sedangkan ia bertindak diluar norma sosial. 
Maka mereka hanyalah orang tua, bukan orang dewasa. Karena manusia dewasa tak hanya matang dalam berfikir tapi juga tercermin dalam tindakan. Bukankah planning tanpa action itu sia-sia? 

Maka selayaknya pribadi dewasa adalah pribadi yang anggun, tenang, menyenangkan bagi pasangan, keluarga dan orang di sekelilingnya, selalu under control, dan senantiasa berjalan di jalan yang benar. Karena ia sadar bahwa segala hal yang out of the rule - tidak baik, akan membawa keburukan pula. Jika bukan dia, pasti orang disekitar yg akan tersakiti karena ketidak dewasaanya. 

"menjadi tua itu pasti, tapi menjadi dewasa adalah pilihan"

"menjadi tua itu pasti, tapi menjadi dewasa adalah pilihan" udah sering denger dan terbukti bener. 
Semoga menjadi bahan muhasabah bagi saya khususnya..

Related

Omong Kosong 5336263636463352953

Post a Comment

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

Member of

Member of

Part of

Blogger Perempuan

Member of

Member of
Blogger Perempuan Semarang

Follow by Email

Random Artikel

item