Sosialisasi

Sosialisasi Tidak jarang orang tua menyekolahkan anak dengan alasan Sosialisasi , takut si anak tidak punya teman, jadi kuper dan sebag...

Sosialisasi
Sosialisasi
Tidak jarang orang tua menyekolahkan anak dengan alasan Sosialisasi, takut si anak tidak punya teman, jadi kuper dan sebagainya.

Saya pun demikian. Putra kedua kami yang hampir berusia empat tahun nampaknya belum ingin sekolah dan masih nyaman belajar di rumah. Justru saya yang berniat mendaftarkannya sekolah dengan alasan sosialisasi, karena memang tidak ada teman sebaya di lingkungan rumah kami, rata-rata dua sampai tiga tahun di atasnya.

Dari situlah kegalauan saya dimulai, si adek masih santai aja di rumah, tp malah saya yang khawatir dg kemampuan sosialisasinya kelak.

Beberapa kawan yang anaknya homeschooling mengatakan bahwa sosialisasi tidak harus dengan yang sebaya, justru anak akan pandai beradaptasi dengan lintas usia. Namun tidak serta merta menghilangkan kegundahan saya.

Sampai tadi sore saat saya mengajak kedua putra kami turut serta dalam kegiatan pramuka yang diadakan komunitas homeschooling, barulah saya percaya bahwa sosialisasi tidak berarti harus memasukkan anak sekolah terlalu dini, sosialisasi tidak harus dengan teman seumuran, sosialisasi bahkan bisa lebih bermakna dengan mengajarkan anak adab dan cara bersikap yang baik kepada siapa pun, apapun latar belakangnya, berapapun usianya.

"seringkali kekhawatiran orang tua lah yang membuat anak terbebani"

Ya, saya baru tersadarkan bahwa anak saya tidak kuper meski tidak ada teman sebaya di rumah, ìa juga tidak lantas jd anak pemalu saat berkumpul dg teman-teman barunya di komunitas.

Ahh.. Memang seringkali kekhawatiran orang tua lah yang membuat anak terbebani, harus ini, harus itu, harus pintar sosialisasi, tidak boleh pemalu, harus selalu tampil, dll. Saat menyaksikan si kecil berbaur dengan kawan yang lain tadi, ìa tersenyum sambil melihat saya. Seolah berkata, 'I'm fine Bunda.. It's okay jika saya belum sekolah, saya akan senang belajar di rumah dan tetap mempunyai banyak teman." 

Salam Hangat,
kiki emotikon


Related

Parenting 4740907189867165965

Post a Comment

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

Member of

Member of

Part of

Blogger Perempuan

Member of

Member of
Blogger Perempuan Semarang

Follow by Email

Random Artikel

item