May 12, 2016

Fun Time #12 : Membuat Kreasi dari Kardus



Fun Time #12 : Membuat Kreasi dari Kardus
Fun Time #12 : Membuat Kreasi dari Kardus
Andai di sini ada komunitas pengumpul barang-barang bekas pakai, mungkin saya akan menjadi anggotanya. Saya selalu merasa sayang untuk membuang botol plastik, kaca, kardus, tusuk sate besar, bahkan tempat souvenir, yang menurut 'feeling' saya akan berguna suatu saat nanti. Di rumah, kami memiliki ruang tersendiri untuk menyimpan barang-barang tersebut dengan rapi, tentu setelah dipilah dengan barang yang akan diberikan ke ibu-ibu loakan langganan kami. Jadi jangan bayangkan ada gunungan sampah di rumah ya, hehe... Bekas boleh, tapi harus bersih.

Barang bekas yang kami simpan tak lain untuk menyalurkan hasrat saya yang suka prakarya bersama anak-anak. Meski kami telah memiliki jadwal tetap untuk fun time setiap minggunya, namun tak jarang tiba-tiba ada lampu menyala di kepala saya (pertanda ada ide yang harus segera dilakukan), sehingga kami jadi mendadak pasaran, hehe.. Itulah mengapa saya merasa barang-barang tersebut suatu saat pasti akan berguna.

Dalam fun time kali ini, kami memanfaatkan salah satu dari barang bekas tersebut, yaitu kardus. Kita semua tahu bahwa kardus bisa disulap menjadi apa saja, seperti mobil-mobilan, rumah boneka, mesin cuci mainan dan sebagainya. Pada Fun Time #12 : Membuat Kreasi dari Kardus ini, abang ingin membuat laptop mainan yang bisa digambari, sedangkan si adik ingin membuat gitar dari kardus. Yuk, langsung kita siapkan peralatannya ya...

Alat dan Bahan :
  1. Kardus bekas
  2. Gunting & Cutter
  3. Sticker untuk menghias
  4. Tali rafia / Senar
  5. Cat dengan oil base
  6. Kapur tulis
  7. Label sticker
Cara membuat Laptop :
  • Gunting kardus sesuai bentuk laptop yang diinginkan (kami membuat dengan sandaran di belakang, agar mudah diletakkan)
  • Buat bentuk persegi panjang dengan penggaris sebagai layar
  • Cat bagian layar dengan cat yang berbahan dasar minyak. Cat ini saya beli di ACE Hardware dengan harga 139.000/kg. Penggunaannya langsung diaplikasikan tanpa penambahan air atau appapun. Cat semacam ini bisa digunakan seperti papan tulis, ditulis menggunakan kapur dan dihapus dengan lap basah. (Baca : Fun Time #2 : PAPAN DINDING - Solusi Dilema Kapur Tulis, Spidol dan Karalink)
  • Keyboard laptop dibuat dari label sticker yang digunting kecil-kecil dan ditulis huruf sebagaimana keyboard pada umumnya.
  • Hias laptop dengan sticker lucu atau boleh diberi gambar ^,^
    Fun Time #12 : Membuat Kreasi dari Kardus
    Membuat laptop dari kardus
Cara membuat Gitar :
  • Gunting kardus sesuai bentuk gitar
  • Gagang gitar bisa dibuat dari potongan kardus yang disambung
  • Buat beberapa lubang pada bagian gagang dan bawah gitar untuk mengaitkan senar / tali rafia
  • Ikatkan senar / tali rafia hingga menyerupai senar gitar
  • Hias gitar dengan sticker maupun tulisan lucu
    Fun Time #12 : Membuat Kreasi dari Kardus
    Membuat gitar dari kardus
Demikian sedikit inspirasi Fun Time #12 : Membuat Kreasi dari Kardus dari kami. Selamat mencoba dengan kreatifitas masing-masing ya.. Have Fun! FYI, mereka langsung mengadakan konser dadakan setelah fun time. Hihihi...

Salam Hangat,

No comments:

Post a Comment

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.