UKM, Bangkitnya Bisnis Anak Negeri

UKM Sebagai Penggerak Perekonomian Rakyat Usaha Kecil Menengah (UKM) memang mulai mendapat perhatian serius dari Pemerintah sejak 5 t...

UKM, Bangkitnya Bisnis Anak Negeri
UKM Sebagai Penggerak Perekonomian Rakyat

Usaha Kecil Menengah (UKM) memang mulai mendapat perhatian serius dari Pemerintah sejak 5 tahun terakhir. Saat ini begitu kita membuka internet, sudah berjajar laman website yang menjual hasil karya para pengusaha UKM. Tentu saja ini menjadi kabar baik bagi kita semua, dengan Bangkitnya Usaha Anak Negeri diharapkan kita bisa menjadi tuan rumah di negara sendiri.

Tahun lalu saya sempat menghadiri undangan dari Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) di Hotel Santika Premiere tentang UKM. Dalam acara tersebut dijelaskan bahwa industri UKM kita masih sangat minim, jika dibandingkan dengan Republik Rakyat Tiongkok yang lebih dari separuh pendapatan negaranya berasal dari UKM! Bayangkan! Pantas saja ada anekdot mengatakan, "Tuhan menciptakan bumi dengan seluruh makhluk hidup di dalamnya, yang selain itu adalah buatan China!" Huks, miris memang, tapi itulah yang terjadi saat ini.

Saya pribadi sangat mendukung para pengusaha UKM. Bahkan, saya lebih memilih untuk membeli barang-barang UKM dibanding barang branded tapi KW, hehe.. Ada semacam keterikatan emosional saat saya bisa mendapatkan barang secara custom, dan tentunya hal itu tidak dapat saya temui pada barang pabrikan.

Beberapa jenis hasil UKM yang paling sering saya nikmati diantaranya :

Salah satunya kripik tempe ini, asli buatan anak negeri. Dengan kemasan yang catchy, kripik ini sangat diminati di kantin yang saya kelola. Ada lagi cireng, cilok, teri krispy yang memang secara rutin bekerjasama dengan kami. Insya Allah segera menyusul nugget frozen kuro hadir di kantin kami. Bisa dibilang, itulah wujud rasa nasionalisme saya. Haiisssshh.. ^_^



UKM, Bangkitnya Bisnis Anak Negeri

Sekali lagi, saya orang yang sangat menyukai sentuhan emosional. Alih-alih membeli tas 'branded' kualitas nomor sekian (karena ada KW1, KW2, dst), tas produk UKM selalu menjadi pilihan karena bisa dipesan secara custom.

UKM, Bangkitnya Bisnis Anak Negeri

Ajang pameran di pusat perbelanjaan tampaknya menjadi sarana ampuh untuk mengenalkan produk-produk UKM, terutama fashion dan hijab. Karena mereka selalu menawarkan desain yang terbatas dengan kualitas serta keunikan masing-masing, tak heran pameran UKM menjadi salah satu ajang menambah koleksi saya.

Produk Kecantikan
Saat ini para pelaku UKM sedang sangat gencar melakukan 'kampanye' produk berbasic Back To Nature, termasuk dalam produk kecantikan. Terbukti sabun herbal di kantin yang saya kelola pun sangat digemari pelanggan dan selalu repeat order. Karena penasaran, akhirnya saya pun memakainya. Ternyata wanginya yang segar khas dedaunan serta tekstur sabun yang lembut menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan saat ini saya, orang tua dan saudara yang lain pun ikutan repeat order. Hebat kan, produk UKM?

Makin bertumbuhnya produk UKM di negeri ini merupakan gejala yang sangat baik, bahkan saya berharap ide 'Beli Indonesia' bisa tercapai dengan UKM Sebagai Penggerak Perekonomian Rakyat, tentunya dengan support kita semua yang secara bertahap mulai beralih ke produk-produk dalam negeri. Sebagaimana saya yang sekarang mulai suka cek "merk" terlebih dahulu setiap belanja kebutuhan dasar, sebagai bentuk kontribusi saya kepada teman-teman sebangsa.


Tulisan ini diikutkan dalam giveaway UKM Sebagai Roda Penggerak Perekonomian Rakyat yang diadakan Agustina DJ

Related

Omong Kosong 6039275895268460657

Post a Comment

  1. Semangat mb,kembangkan kretivitas kita melalui UKM :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. ayoook jgn kakehan rencana tok! Wkwkwk

      Delete
  2. Kereeen semangatnya, tapi bener sih bikinan anak negeri justru bagus kualitasnya. Aku juga punya beberapa benda hasil beli di UKM :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyya mb, secara kualitas bagus. Tp sayang kita suka eman2 kl UKM jualny mahal, ya jelas beda ya sama pabrikan. Mereka bisa murah krn kuantitas produksiny segambreng. Hehe

      Delete
  3. saya pun lebih suka membeli tas produksi ukm dibanding tas KW Mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita sehati mb..
      Mending merk ga terkenal tp kualitas bagus ya drpd branded tp dipunyai sejuta umat ^_^

      Delete
  4. Ayo Beli Indonesia, saya jadi semangat beli produk hasil ukm ni mb..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo pelan2 beralih dari produk2 kapitalis mb, jgn mau kita cuma dijadiin "pasar" aja :(

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  5. salam kenal mbak..aku juga sukanya beli tas2 yang ukm indonesia...produk indonesia juga banyak yg bagus kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyess setuju banget mb, cm ga bisa ngiklan kaya pabrikan aja. Makany kitalah yg hrs saling bantu mengiklankan. Hehe..

      Delete
  6. Terimakasih atas partisipasinya, good luck :*

    ReplyDelete

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

Member of

Member of

Part of

Blogger Perempuan

Member of

Member of
Blogger Perempuan Semarang

Follow by Email

Random Artikel

item