Menjelajahi Wisata Kaliurang dalam Sehari

Menjelajahi Wisata Kaliurang dalam Sehari Hanya punya waktu weekend untuk berlibur bersama keluarga? Jangan khawatir, salah satu destin...

Menjelajahi Wisata Kaliurang dalam Sehari
Menjelajahi Wisata Kaliurang dalam Sehari
Hanya punya waktu weekend untuk berlibur bersama keluarga? Jangan khawatir, salah satu destinasi wisata yang tak pernah habis untuk dieksplorasi adalah JOGJA! Kota budaya dengan slogan Jogja Istimewa-nya ini memang tak pernah berhenti menawarkan wisata terbaru yang nggak akan bikin kita mati gaya.

Sebagai orang yang berdomisili di Semarang, saya sebenarnya agak bosan kalau ada ide liburan di Jogja. Tapi meski berkali-kali saya merasa bosan saat akan berangkat, namun kebosanan saya selalu menguap begitu menginjakkan kaki di sana. Ya, karena Jogja selalu punya hal baru untuk di eksplorasi. Setelah kami berkali-kali menjelajah pantai, keliling kota, wisata budaya kraton, aneka taman edukasi anak hingga museum 3 Dimensi, akhirnya liburan kali ini kami memutuskan untuk Menjelajahi Wisata Kaliurang dalam Sehari!

Seakan ingin menjauh dari padatnya jalanan menuju pantai di kala weekend, kami memilih menghabiskan hari di daerah Kaliurang, yang pada akhirnya membuat saya merasa tak pernah cukup untuk mejelajah Jogja! Karena begitu pulang dari sana, saya sudah punya bucket list baru untuk eksplorasi Jogja pada kesempatan berikutnya! Hehe...
Berikut itinerary kami selama Menjelajahi Wisata Kaliurang dalam Sehari :


1. Museum Gunung Merapi (MGM)

Inilah destinasi pertama kami di Kawasan Kaliurang. Menempuh perjalanan sekitar 57 menit (23 km) dari pusat kota Jogja, kami sampai di sini sekitar pukul 11 siang dengan perjalanan lancar bahkan di saat peak season seperti saat ini.

Menjelajahi Wisata Kaliurang dalam Sehari
Tiket masuk MGM

Dengan tiket masuk Rp. 5000,- per orang, kita bisa berkeliling museum yang menjelaskan mekanisme terjadinya gunung meletus, simulasi gempa dan tsunami, hingga koleksi perubahan wajah Merapi dari tahun ke tahun. Di museum ini juga terdapat theater 3 Dimensi tentang gunung Merapi yang tiketnya dapat dibeli sekaligus saat masuk, seharga Rp. 5000,- per orang.

"Meski seringkali orang dewasa merasa apatis terhadap museum, tapi percayalah bahwa tak ada museum yang membosankan bagi anak-anak!"


2. Museum Ullen Sentalu

Menjelajahi Wisata Kaliurang dalam Sehari
Bagian Depan Museum Ullen Sentalu 

Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu Museum Budaya dan Seni yang dikelola secara Profesional oleh pihak swasta sebagai pengelolanya. Bangunannya yang nampak kecil di bagian depan, kita justru disuguhi landscape pedesaan berundak-undak nan sejuk dan romantis di bagian dalamnya.
Menjelajahi Wisata Kaliurang dalam Sehari
Tiket Museum Ullen Sentalu

Para pengunjung yang datang dibagi dalam kelompok-kelompok kecil berisi 20 orang untuk dipandu oleh seorang guide. Berkeliling dari satu ruangan ke ruangan lain dengan cerita tentang tokoh-tokoh Kerajaan Mataram Islam yang belum pernah kita dengar sebelumnya. Setelah itu ada sesi minum jamu dan ditutup dengan foto-foto.

Terdapat pula toko souvenir dengan kualitas bagus di pintu keluar. Sebuah pengalaman berkesan bagi kami semua!


3. Taman Kaliurang

Menjelajahi Wisata Kaliurang dalam Sehari

Taman ini cocok untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak. Dilengkapi dengan aneka mainan, taman yang luas, lengkap dengan aneka sarana outbond mini serta deretan pedagang kaki lima di sekeliling taman membuat kita enggan beranjak pergi. Cukup dengan tiket Rp. 10.000,- kita sudah bisa menikmati keseruannya!


4. Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi adalah sebuah tour dengan menyewa mobil Jeep untuk berkeliling di bekas daerah terdampak dari Letusan Gunung Merapi tahun 2010, yang merupakan letusan terparah dalam 20 tahun terakhir.

Menjelajahi Wisata Kaliurang dalam Sehari
Berkendara dengan Jeep
Kita bisa menyewa Jeep dari Taman Kaliurang seharga Rp. 400.000,-/kendaraan, yang bisa diisi 4 sampai 5 orang. Menikmati serunya naik Jeep di medan terjal serta melihat sisa-sisa kekuatan Maha Dahsyat yang meluluh lantakkan seisi desa merupakan pengalaman tersendiri bagi kami.

Menjelajahi Wisata Kaliurang dalam Sehari
Bunker Kaliadem
Jangan lupa di akhir tour lewatlah di kali kuning untuk merasakan sensasi adrenalin touring di aliran sungai! It's mean, bersiaplah membawa baju ganti.


5. Light Festival Kaliurang / Menara Pandang

Light Festival Kaliurang ini bertempat di area Menara Pandang Merapi. Naik sedikit dari Taman Kaliurang. Dilengkapi aneka lampion yang megah dan unik serta lampu-lampu kecil berwarna-warni, menjadikan suasana malam nan berkabut semakin romantis.

Menjelajahi Wisata Kaliurang dalam Sehari
Lampion di Light Festival
Hanya dengan tiket masuk Rp. 20.000,-, maka lengkaplah sudah akhir hari kita Menjelajahi Wisata Kaliurang dalam Sehari.

Menjelajahi Wisata Kaliurang dalam Sehari
Lampu warna warni di Light Festival
Dalam perjalanan pulang, bagi pecinta kopi bisa mampir di Klinik Kopi lalu dilanjutkan beli oleh-oleh Jogja Scrummy yang fenomenal ituuhh.. Kalau sudah begini, masih mau bilang kurang piknik? Hehehe... Selamat berlibur ya, mari menjelajahi Jogja sampai ke dusun-dusunnya! #apasihh

Salam Hangat,

Related

Wisata 8327781476282735786

Post a Comment

  1. Jogja emang never ending story buat travelling dan kuliner di jogja, selalu ada yang baru tiap balik ke jogja, aku pernah lava tour merapi off road asyik di 2014 lalu ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mb..
      Aku udah lama pengen lava tour, tapi baru kesampean krn nunggu anak2 agak gede dulu ��

      Delete
  2. Ini objek nya baru baru yaa mb? Th 2010 pernah kesana, tapi sepertinya blm spt ini..banyak juga yaa objek wisata di Kaliurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyya agak ga nyangka jg mb, beyond expectation lah.. jd beberapa tempat "kebetulan" dikunjungi krn memang searah. Puas lah seharian buat nguplek kaliurang 😄

      Delete
  3. Belum pernah ke Kali urang..aku kira tadinya ini cuma pedesaan biasa..nex harus coba kesini >_<

    ReplyDelete
  4. Aku belum pernah ke Kaliurang.. hiks. kangen banget sama Jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesekali kesana mb, suasananya adem, beda sama daerah pantai..

      Delete
  5. Belum pernah ke sana semuaaaa...Duh, kelihatan banget kalau kurnag piknik ya. Kalau ke Jogja seringnya kalau acara sekolah sih Mbak. Dampingi anak-anak. Paling ya pantai, Malioboro, candi, gitu2 aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke museum bisa juga mb. Ika buat ngajakin anak2 sekolah, ada guidenya! Sekali-kali kalo ke Jogja ngadem di kawasan Kaliurang.

      Delete

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

Member of

Member of

Part of

Blogger Perempuan

Member of

Member of
Blogger Perempuan Semarang

Follow by Email

Random Artikel

item