Best 10 K Drama, Belajar dari Drama Korea

Best 10 K Drama, Belajar dari Drama Korea Dari beberapa minggu lalu memang lagi kepingin bahas tentang drama Korea (Drakor). Namun apalah da...

Best 10 K Drama, Belajar dari Drama Korea
Dari beberapa minggu lalu memang lagi kepingin bahas tentang drama Korea (Drakor). Namun apalah daya, untuk memutuskan mau nulis drakor tentang parenting atau dunia kedokteran aja susahnya udah mirip persoalan hidup dan mati, hehe... Hingga sampailah saat ketika jagad maya dihebohkan dengan tantangan 10 drama Korea terbaik dengan tagar 'best 10 kdrama you watch challenge'. Aha! Yang artinya saya bisa menulis semua drakor favorit tanpa harus bingung memilih satu tema tertentu, gitu aja kok repot! Wkwkwk

So, kenapa sih drakor menjadi begitu menarik. Yang utama adalah ada jumlah episode yang jelas. Kalau nggak 16, 20, 31 paling panjang ya 40 episode. Jadi kita nggak merasa digantung gitu, mau sampai kapan akan seperti ini? Hahaha.. Ya, kepastian jumlah episode menjadi penting untuk menaga kualitas akting serta alur ceritanya, biar nggak ngelantur kemana-mana. Kedua, karena drakor selalu memiliki pesan yang jelas, baik tersurat maupun tersirat. Sehingga pembuatannya benar-benar memperhatikan kualitas demi memastikan bahwa pesan betul-betul sampai kepada para penikmatnya. Itulah kenapa, sereceh atau sefiksi apapun drakor, selalu ada momen-momen deep yang kita rasakan. 

Jadi inilah daftar Best 10 K Drama You Watch Challenge versi orang suka mikir :

1. Sky Castle (2018)

Sumber : en.wikipedia.org

Yep, Sky Castle ini undebatable menjadi drakor terfavorit saya. Mengisahkan tentang bagaimana usaha para kalangan elit Korea yang begitu terobsesi pada prestasi dan pendidikan anak-anak mereka, drama ini berhasil menghadirkan nuansa menegangkan, ngeri, menyayat, sedih, tragis dan ironis dalam satu kesatuan. Dibintangi dengan para aktor dan aktris berusia paruh baya, jangan bayangkan bahwa kita akan disuguhi cerita problematika rumah tangga yang menye-menye. Justru setiap adegan perlakuan para orang tua kepada anak-anaknya menjadi belati tajam yang menjadi refleksi kita bagaimana memaknai kata "mendidik anak". Tak heran Sky Castle menjadi drakor dengan rating tertinggi sebelum munculnya The World of The Married. Drama ini mengingatkan saya pada syair Kahlil Gibran : 

Anakmu bukanlah milikmu,

Mereka adalah putra putri Sang Hidup,

Yang rindu akan dirinya sendiri.

Mereka lahir lewat engkau,

Tapi bukan dari engkau,

Mereka ada padamu, tetapi bukanlah milikmu.

                                       -red-

2. Jewel in The Palace (2003)

Kalau kalian masih asing dengan judulnya, namun tentu tidak dengan nama Dae Jang Geum. Seorang dokter wanita pertama di Korea yang mengawali kisahnya dari sebuah dapur istana. Drama ini mengajak kita belajar mengenal rempah-rempah, teknik memasak, hingga pengobatan tradisional. Sebagai farmasis, saya berasa diajak untuk kembali kuliah dengan materi farmakognosi-nya. Bahkan Dae Jang Geum kini dipakai untuk nama resto Korea!

3. Doctor Romantic, Teacher Kim 1 dan 2 (2016 & 2020)

sumber : tirto.id

Jika Sky Castle adalah drakor terfavorit, maka drakor yang mengambil latar tentang dunia kesehatan selalu menjadi pilihan saya. Sosok Teacher Kim dengan wibawa dan gayanya yang santai namun terkesan arogan menjadi pusat cerita dalam drama ini. Kalau kalian penggemar serial Doctor Stranger dan Emergency Couple, maka Doctor Romantic  seakan membawa kita naik level dalam memahami dunia kedokteran.

4. Full House (2004)

Yeah, Full House ibarat cinta pertama para penggemar drakor di Indonesia. Kisah Lee Yong Jae dan Han Ji Eun nan kocak dan bikin gumush itu benar-benar berhasil membuat kita gagal move on dengan segala macam soundtracknya 16 tahun terakhir. 

5. What's Wrong with Secretary Kim (2018)

Penyuka genre romantic comedy tentu tak boleh melewatkan drakor yang satu ini. Egoisme angkuh Park Seo Joon berpadu apik dengan kecantikan yang super pede dari Park Min Young. Dengan latar cerita seorang bos yang kebingungan karena sang sekretaris mendadak ingin mengundurkan diri setelah bertahun-tahun bekerja padanya, membuat sang direktur harus putar otak demi membatalkan misi sang sekretaris tersebut. Tentu saja mereka berakhir dengan saling jatuh cinta yang begitu uwwuuu.

Di sisi lain, drakor Fated to Love You (2014) juga dijamin bikin susah move on. Tapi yang ini murni drama, ya. Tak akan ada yang mempertanyakan kehebatan akting Jang Nara sebagai wanita teraniaya, bukan? Siap-siap tisue yang banyak, lah! 

6. The Great Queen Seondeok (2009)

sumber : hancinema.com

Drama bertema sejarah Korea memang tak pernah membosankan. Queen Seondeok adalah ratu pertama dalam sejarah 5000 tahun Kerajaan Korea. Menjadi seorang Ratu di usia muda mengharuskannya siap menghadapi berbagai intrik perebutan kekuasaan. Drama ini begitu lekat dengan para pelakonnya yang masing-masing memiliki karakter luar biasa kuat. Tak heran jika The Great Queen Seondeok berhasil meraih beberapa kategori dalam Baeksang Arts Award di tahun 2009.

Baca juga : 5 Film Abad Pertengahan Inggris nan Elegan

7. Doctor John (2019), Doctor Prisoner (2019)

Dih, curang amat ada dua judul di satu nomor! Hahaha.. Habisnya saya beneran bingung mau pilih yang mana. Mengambil cerita dunia kedokteran jelas adalah latar favorit saya, namun dua drakor ini memiliki kekuatan yang berbeda. Jika Doctor John begitu melekat dengan persona Ji Sung yang cool dan keren, sedangkan Doctor Prisoner sangat kuat dalam alur cerita. Saya bahkan tak pernah membayangkan sebelumnya ada profesi dokter yang dimanfaatkan oleh para narapidana demi mengajukan penangguhan penahanan. Keren!

8. Healer (2014)

Berperan sebagai seorang penjahat bayangan dalam drama action romantic ini, membuat Ji Chang Wook menjadi aktor drakor favorit saya. Dari sini pula saya mulai memperhatikan Park Min Young dan mengikuti karier dramanya hingga berada di puncak saat berperan dalam What's Wrong with Secretary Kim (2018).

9. Because This Is My First Life (2017)

sumber : en.wikipedia.org

Bisa dibilang drama yang satu ini memiliki jalan cerita yang cukup datar (flat), pemain juga bukan yang super ganteng dan cantik, tanpa klimaks yang membuncah, tak ada karakter yang mendominasi, alurnya lambat, percakapan yang minim, namun sukses membuat hati ter-jleb-jleb. Berkaca dari judulnya, Because This Is My First Life menyadarkan kita bahwa dalam kehidupan, membina hubungan, berumah tangga, tak masalah jika kita seringkali membuat keputusan yang salah. Menyikapi segala persoalan dengan cara salah, memahami pasangan dari sudut pandang yang salah, hingga memaknai hidup dengan salah. Karena ini adalah hidup pertama kita, segala yang kita hadapi adalah yang pertama. Maka salah pun tak mengapa, asal kita mau menyadari, mengevaluasi diri, dan memperbaikinya. Banyak kata-kata quotable dalam drakor ini yang membuat tercenung dan akhirnya menilik ke dalam diri kita sendiri.

10. Extraordinary You (2019)

Sumber : asianwiki.com

Sukses berperan sebagai anak dan murid yang begitu terobsesi dengan prestasi hingga membuatnya frustrasi dalam drama Sky Castle, membuat Kim Hye Yoon dipercaya menjadi pemeran utama di drakor Extraordinary You. Bercerita tentang karakter yang menyadari bahwa ia berada dalam dunia komik dan hidupnya dikendalikan oleh sang penulis webtoon, membuat drakor ini sangat unik. Terlebih dengan ekspresi lucu dari Kim Hye Yoon saat mengetahui bahwa ia bukan pemeran utama dalam dunia komik tersebut! Unik, lucu, tak biasa dan mind blowing layak disematkan pada sang penulis webtoon aslinya. Kalau kalian suka drakor ringan, menyegarkan dengan latar belakang anak sekolahan, maka yang satu ini wajib banget ditonton!

Dari list yang banyak ini, mana yang belum kalian tonton?

Related

Ulasan 51438605261241490

Post a Comment

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

Member of

Member of

Part of

Blogger Perempuan

Member of

Member of
Blogger Perempuan Semarang

Follow by Email

Random Artikel

item