Hi Mom’s! Ini Cara Mengetahui Bakat Anak di Usia Dini

  Hi Mom’s! Ini Cara Mengetahui Bakat Anak di Usia Dini Sebagai orang tua, kamu pasti pernah merasa ingin tahu tentang minat dan bakat apa s...

 

Hi Mom’s! Ini Cara Mengetahui Bakat Anak di Usia Dini

Sebagai orang tua, kamu pasti pernah merasa ingin tahu tentang minat dan bakat apa saja yang dimiliki buah hati. Tujuannya agar orang tua bisa mengarahkan anak dengan baik dan bisa dimaksimalkan seiring tahap pertumbuhan si kecil. Setiap anak mempunyai bakat dan minat yang berbeda-beda. Bakat merupakan kemampuan yang dipunyai seseorang yang sudah berada dari dalam dirinya. Bakat biasanya diturunkan langsung oleh orang tuanya, tapi ada pula yang memang punya bakat alami. Sementara minat adalah sesuatu yang digemari oleh anak.

 

Nah, kalau bunda dan ayah ingin mengetahui bakat terpendam yang dimiliki sang buah hati, berikut ada sejumlah cara mengetahui bakat anak di usia dini yang sudah kami rangkum untuk kamu.

 

  1. Selalu Mengamati Hal yang Disenangi Anak

 

Sumber: pinterest.com

 

Untuk mengetahui minat dan bakat anak sejak dini, kamu bisa memulainya dengan mengamati kebiasaan yang suka dilakukan anak atau sesuatu yang menjadi kesenangannya. Hal ini adalah indikasi bahwa si kecil berbakat dan mempunyai minat lebih pada sesuatu yang ia tunjukkan.

 

  1. Perkenalkan Berbagai Bidang pada Anak

 

Sumber: pinterest.com

 

Mom’s, cobalah perkenalkan banyak bidang pada anak seperti seni, olahraga, digital, teknologi, beladiri, sains, dan lain sebagainya. Kamu bisa memperkenalkan ia tentang sains dengan membuat eksperimen atau mencoba mengunjungi wisata edukasi yang memberikan ilmu sains, misalnya melihat benda-benda kecil dengan mikroskop elektron, lalu menjelaskan mengenai hal yang ia lihat lewat benda tersebut. Dengan begini, ia bakal mengenal banyak hal yang ia belum tahu dan peluang buat menemukan ketertarikannya semakin meningkat.

 

  1. Berikan Anak Kebebasan dalam Memilih

 


Sumber: pinterest.com

 

Sering kali orang tua merasa lebih tahu dan paham dengan buah hatinya sehingga meminta anak buat menjalani suatu kegiatan tanpa berkomunikasi dulu. Kalau hal ini dilakukan, anak akan merasa kesulitan untuk menemukan bakatnya. Untuk itu, berikanlah anak kebebasan dalam memilih dan menggeluti sesuatu yang ia gemari. Selama itu masih tahap wajar dan punya nilai positif buat anak, kenapa tidak? Seiring berjalannya waktu minat dan bakat akan datang dengan sendirinya.

 

  1. Biarkan Si Kecil Bersosialisasi

 


Sumber: pinterest.com

 

Anak-anak biasanya menunjukkan kemampuan yang ia miliki ketika bersosialisasi dengan teman sebayanya. Mereka terkadang akan saling bertukar cerita tentang kesenangannya dan sesuatu yang mereka gemari. Minat dan bakat tidak selamanya berhubungan dengan kemampuan pada bidang akademik maupun olahraga. Tapi juga, dari kecakapan dia dalam berinteraksi dan bersosialisasi.

 

  1. Ajarkan Anak untuk Tetap Semangat dan Tidak Mudah Menyerah

 


Sumber: pinterest.com

Baca juga : Sibling Rivalry, Bullying dalam Keluarga 

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memunculkan bakat yang dimiliki anak adalah dengan mengajarkan si kecil menjadi pribadi yang tidak mudah menyerah dan pekerja keras. Contohnya, saat anak meminta sesuatu, kamu bisa memintanya untuk melakukan hal, seperti membereskan mainannya sendiri, merapikan tempat tidur dan lain sebagainya. Ini akan membantu mengajarkan anak bahwa apapun yang ia inginkan butuh yang namanya kerja keras, dan dia akan berusaha untuk mencapai itu.

 

  1. Membangun Komunikasi dengan Anak

 


Sumber: pinterest.com

 

Tanyakanlah pada si kecil tentang sesuatu yang digemari, hobi, cita-cita yang mau dicapai, atau hal yang ingin ia lakukan. Lewat komunikasi positif ini, akan memudahkan kamu untuk mengetahui minat dan bakat anak. So, penting sekali untuk kamu melakukan komunikasi dengan anak. Sering-seringlah berkomunikasi dengan anak dan dengarkan segala cerita yang ia berikan agar membantu kamu menemukan bakat yang ia punya.

 

  1. Ajak Anak Ke Tempat-Tempat Baru

 


Sumber: pinterest.com

 

Kamu juga bisa mengetahui bakat dan minat anak dengan mengajaknya ke tempat-tempat baru, lho. Cobalah ajak dia ke tempat wisata edukasi, mungkin saja dia bisa menemukan hal yang ia sukai. Disana ia bisa belajar banyak hal, mulai dari ilmu biologi, kebudayaan, atau ilmu sains dengan melihat objek kecil lewat mikroskop yang tidak bisa dilihat jelas secara kasatmata. Mengajak anak untuk mengeksplor tempat-tempat baru akan membantunya menemukan bakat dan minat yang ia miliki.

Demikian pembahasan tentang cara mengetahui bakat anak di usia dini. Semoga membantu ya, mom's!

Related

Tips 2899494989060198254

Post a Comment

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

Member of

Member of

Part of

Blogger Perempuan

Member of

Member of
Blogger Perempuan Semarang

Follow by Email

Random Artikel

item