Inilah 10 Ide Playdate Bagi Pra Remaja yang Patut Dicoba - Bagian Pertama

Inilah 10 Ide Playdate Bagi Pra Remaja yang Patut Dicoba - Bagian Pertama Pra Remaja merupakan tahap perkembangan manusia antara masa a...

Inilah 10 Ide Playdate Bagi Pra Remaja yang Patut Dicoba - Bagian Pertama
Inilah 10 Ide Playdate Bagi Pra Remaja
yang Patut Dicoba - Bagian Pertama
Pra Remaja merupakan tahap perkembangan manusia antara masa anak dan sebelum menjadi remaja. Definisi kamus secara umum merujuk masa pra remaja ini berada di kisaran usia 10-13 tahun, dan biasanya diakhiri dengan awal pubertas. (Sumber : wikipedia.org) 
Mengacu pada pendidikan anak dalam Islam, usia pra remaja masuk dalam kategori 7 tahun kedua. Dimana setelah pada 7 tahun pertama anak diperlakukan selayaknya "raja kecil', maka pada fase ini anak dianggap sebagai pembantu atau prajurit. Fase inilah yang paling penting dalam pembentukan karakter dan akhlaq pada anak. Jika pada masa 7 tahun pertama anak masih asyik bermain dengan dunianya sendiri, berbeda dengan usia pra remaja yang sudah lebih banyak berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Sehingga anak usia ini akan lebih bersemangat ketika melakukan sesuatu secara berkelompok, terlebih dengan teman-teman. Mulai dari berolahraga bersama, bermain, mengerjakan tugas kelompok, jajan rame-rame dan sebagainya. 

Disinilah peran orang tua (khususnya ibu) mulai diuji. Ketika ibu tak pandai-pandai mencari celah untuk bisa masuk ke dalam lingkaran pergaulan sang anak, maka bersiaplah untuk perlahan ditinggalkan. Dengan kata lain, kalau orang tua tak lagi asyik diajak bergaul, tentulah anak lebih memilih untuk bersama teman-teman sebayanya. Hal ini pula yang menjadi dasar mengapa playdate itu penting. Karena dari kegiatan ini anak-anak (khususnya pra remaja) tetap bisa berkumpul bersama teman-teman mereka, sementara orang tua dapat turut serta di dalamnya tanpa dianggap sebagai pengganggu. 

Sejak April 2018 lalu, saya bersama para ibu yang memiliki satu pemikiran tentang hal ini mulai mengadakan kegiatan playdate manfaat setiap bulannya. Bahkan saking semangatnya para orang tua dan anak-anak, tak jarang kegiatan ini kami lakukan hingga dua kali dalam sebulan. Hal ini menunjukkan bahwa playdate adalah salah satu cara yang efektif untuk membangun kebersamaan anak dengan teman, memperkuat ikatan anak dengan orang tua, sekaligus sebagai sarana pembelajaran yang menyenangkan. 

Lalu kegiatan apa saja yang bisa dilakukan ketika playdate? Inilah 10 Ide Playdate Bagi Pra Remaja yang Patut Dicoba - Bagian Pertama : 


Motivasi Melalui Permainan

Kegiatan pertama playdate manfaat kami adalah pengenalan Spiritual Speed Reading kepada anak.  Bukan tanpa alasan, seorang sahabat ketika itu menawarkan kegiatan ini sebagai bentuk CSR (Corporate Social Responsibility) dari usaha persewaan mainan anak yang ia kelola. Tak butuh waktu lama untuk berpikir, saya langsung woro-woro ke tetangga, teman sekolah serta beberapa teman lainnya tentang acara ini. 


Inilah 10 Ide Playdate Bagi Pra Remaja yang Patut Dicoba - Bagian Pertama
Kegiatan playdate pertama kami (IG : @parenting_id)

Tak dinyana, kegiatan yang dilakukan secara sederhana di rumah kami dengan masing-masing anak membawa potluck untuk dimakan bersama, berlangsung dengan penuh kegembiraan. Dalam momen ini anak-anak bisa bermain bersama dan mendapat ilmu baru mengenai baca cepat. Para ibu yang berhalangan menemani putra-putri mereka pun dapat meninggalkan anaknya sejenak dengan hati tenang, dan kembali untuk menjemput saat kegiatan telah usai. 


Inilah 10 Ide Playdate Bagi Pra Remaja yang Patut Dicoba - Bagian Pertama
Fun english (IG : @parenting_id)


Fun English

Playdate manfaat kedua ini diisi oleh salah satu orang tua sebagai bentuk dukungan atas kegiatan rutin yang diadakan. Kami berkumpul bersama di rumah salah seorang teman, dengan setiap anak membawa satu jenis buah yang telah diberitahukan sebelumnya. Target dalam kegiatan ini adalah anak dapat mengetahui berbagai nama buah, bentuk, tekstur, rasa, serta melakukan percakapan dengan menceritakan pegalamannya tentang berbagai buah dalam Bahasa Inggris. Setelah kegiatan, buahnya kita makan bersama, deh! Hehhe.. 


Percobaan Sains

Percobaan sains menjadi kegiatan seru selanjutnya. Kali ini kami bekerja sama dengan Komunitas Ilmuwan Cilik yang digawangi oleh pasangan suami isteri asal Gunung Pati Semarang, Mas Falah dan Mbak Diah. Beserta 3 orang puteri mereka, pasangan ini selalu bersemangat mengajak anak-anak belajar dengan melakukan berbagai eksperimen seru! Informasi tentang komunitas ilmuwan cilik bisa kalian baca di laman www.ilmuwancilik.com


Inilah 10 Ide Playdate Bagi Pra Remaja yang Patut Dicoba - Bagian Pertama
Bereksperimen bersama KIC (IG : @parenting_id)


Tour De Kota Lama

Berfoto ria di kota lama Semarang itu sudah biasa. Keliling kota lama sambil belajar sejarah, itu baru luar biasa. Tahukah kalian bahwa daerah kota lama merupakan pusat Kota Semarang pada jaman kolonial Belanda? Kawasan ini disebut juga kota dalam benteng pada masa kejayaannya. Benteng atau bastion yang mengelilingi pusat Kota Semarang tempo dulu, baru-baru ini telah ditemukan melalui proses penelitian panjang dan penggalian. 


Inilah 10 Ide Playdate Bagi Pra Remaja yang Patut Dicoba - Bagian Pertama
Penjelasan Kak Ari dari komunitas Lopen
sebelum berkeliling kota lama (IG : @parenting_id) 

Mengelilingi satu per satu bangunan di sekitar taman sri gunting membuat kami ikut membayangkan suasana kala itu. Ketika rumah makan IBC merupakan gedung pengadilan pertama, gedung Oudetrap adalah sebuah swalayan yang berjaya, serta deretan bangunan di depan taman yang dulunya adalah galeri mobil terkemuka.  


Inilah 10 Ide Playdate Bagi Pra Remaja yang Patut Dicoba - Bagian Pertama
Beristirahat sambil bagi-bagi hadial lewat kuis!
(IG ; @parenting_id)

Teman-teman bisa juga lho berkeliling seru sambil belajar sejarah Kota Semarang, tinggal menghubungi kakak-kakak di Komunitas Lopen, yaitu komunitas pecinta sejarah di Semarang. Informasi tentang komunitas ini bisa dengan mudah diperoleh melalui media sosial instagram. Pasti kakak-kakak baik hati ini dengan senang hati menemani kita belajar sejarah.


River Tubing

Kegiatan yang satu ini sangat cocok dilakukan bersama keluarga. Selain bisa seseruan mencoba hal baru bersama teman-teman, sekaligus dapat memperkuat ikatan antara anak dan orang tua. Bonusnya, para keluarga peserta playdate juga makin akrab. Mengambil tema "Mengasah Keberanian si Kecil di Fun Tubing Watu Kapu", kami menempuh perjalanan selama dua jam menuju Kabupaten Klaten, tempat lokasi fun tubing berada.


Mengasah Keberanian Si Kecil di Fun Tubing Watu Kapu
Keseruan sebelum memulai tubing (parentingid.com)

Permainan river tubing di Kali Pusur ini sangat aman untuk segala usia, mulai balita hingga dewasa. Bila si kecil belum berani memakai ban sendiri, bisa dipangku oleh orang tuanya maupun para pemandu yang jumlahnya sangat memadai. Pengalaman river tubing dapat dijadikan ajang pengenalan sebelum melakukan aktifitas air yang lebih ekstrim. Kalau sudah merasakan sensasi keseruannya, bisa nagih sih sampai ngulang berkali-kali, hehe...

Baca juga : Mengasah Keberanian si Kecil di Fun Tubing Watu Kapu


Inilah 10 Ide Playdate Bagi Pra Remaja yang Patut Dicoba - Bagian Pertama
Melihat matahari melalui teleskop (IG : @parenting_id)
Inilah 10 Ide Playdate Bagi Pra Remaja yang Patut Dicoba - Bagian Pertama
Antrian roket air yang tak putus-putusnya (IG : @parenting_id)

Mengenal Benda-Benda Angkasa

Lebih tepatnya mengenalkan benda-benda angkasa melalui teleskop dan bermain roket air. Playdate manfaat kali ini kami didampingi oleh kakak-kakak komunitas HAAS (Himpunan Astronomi Amatir Semarang). Acara diisi dengan melihat matahari secara lebih jelas melalui teleskop, kemudian dilanjutkan permainan roket air dengan pipa paralon dan botol bekas sebagai roketnya. Kegiatan dipenuhi dengan riuhnya tawa anak-anak saat terkena air dari roket yang diluncurkan, hingga baju mereka semua basah kuyup! Bahkan antrian anak seakan tak mau berhenti karena selalu ingin mengulang dan mengulang  peluncuran roket lagi.


Pekan Ceria Bersama Kampung Dongeng

Siapa bilang dongeng tak lagi cocok untuk anak usia pra remaja? Banyak lho aktifitas yang bisa dirangkai dengan dongeng. Tak hanya bercerita secara monoton, kakak-kakak komunitas Kampung Dongeng semarang mengemas pekan ceria kami dengan berbagai hal seru lainnya. Seperti senam ceria, permainan kerja sama kelompok, perlombaan, origami hingga dongeng lucu nan sarat edukasi. Pokoknya tiada kata bosan main bareng kakak-kakak Kampung Dongeng. Oiya, berbagai kegiatan dari komunitas kampung dongeng juga dapat diikuti melalui akun instagram di @kado.semarangraya.
Inilah 10 Ide Playdate Bagi Pra Remaja yang Patut Dicoba - Bagian Pertama
Serunya berakhir pekan bersama komunitas
 Kampung Dongeng (IG : @parenting_id)


Family Camping

Setelah river tubing, ini adalah kali kedua kami mengadakan kegiatan bersama keluarga. Tak hanya keluarga inti, para peserta dipersilakan untuk mengajak saudara bahkan kakek nenek untuk turut serta. Playdate manfaat kedelapan ini mengambil tempat di Camping Ground Pinus Cuntel yang berada di kawasan wisata Kopeng, Kota Salatiga. Udara hutan pinus yang segar, pemandangan puncak Gunung Andhong dan Gunung Telomoyo yang langsung terhampar di depan tenda, fasilitas dan kebersihan yang sangat terjaga serta harga yang bersaing membuat kami semua gagal move on dari keseruan family camping kali ini.
Kemah Seru di Camping Ground Pinus Cuntel
Suasana perkemahan (parentingid.com)

Baca juga : Kemah Seru di Camping Ground Pinus Cuntel

Membuat Keju Mozarella

Acara yang dikemas dengan judul Cheesemaking bersama Nineri Dairy House ini menjadi pengalaman pertama anak-anak belajar tentang pembuatan keju, khususnya keju mozarella. Selain melakukan demonstrasi pembuatan keju mozarella secara tahap demi tahap, produsen keju home made asal Kota Salatiga ini juga menceritakan asal muasal terciptanya makanan keju. Kegiatan ini pun diakhiri dengan menghias pizza yang tentunya dilengkapi dengan keju mozarella dan makan pizza bersama.


Inilah 10 Ide Playdate Bagi Pra Remaja yang Patut Dicoba - Bagian Pertama
Teman-teman bersiap membuat keju mozarella (IG : @parenting_id)
Inilah 10 Ide Playdate Bagi Pra Remaja yang Patut Dicoba - Bagian Pertama
Yeay, kejunya udah jadi! (IG : @parenting_id)


Market Day

Rasa-rasanya kegiatan market day sudah jamak kita jumpai di berbagai komunitas maupun sekolah-sekolah yang memahami pentingnya menanamkan jiwa usaha pada anak sejak dini. Yang berbeda adalah market day ala playdate manfaat memicu anak-anak untuk kreatif dalam menjajakan dagangan mereka. Alih-alih duduk manis di meja stand sambil menunggu para pembeli datang, mereka berinisiatif untuk berkeliling dari rumah ke rumah dengan berjalan kaki guna menawarkan dagangannya.


Inilah 10 Ide Playdate Bagi Pra Remaja yang Patut Dicoba - Bagian Pertama
Yuk belajar jadi pengusaha! (IG : @parenting_id)

Kembali ke stand dengan wajah merah dan keringat yang membasahi sekujur tubuh, raut muka mereka justru menampakkan senyum ceria dan bahagia karena telah mengerahkan seluruh usaha secara maksimal. Melalui kegiatan ini, anak-anak jadi lebih menghargai uang sehingga diharapkan terhindar dari sikap boros. Merekapun tak lagi malu-malu dalam menawarkan dagangan, yang artinya melatih rasa percaya diri. Serta menyadari pentingnya inisiatif, kreatifitas serta jiwa pantang menyerah untuk memperoleh hasil yang maksimal. 

Demikian daftar 10 ide playdate bagi pra remaja yang patut dicoba - bagian pertama, nantikan keseruan playdate lainnya di bagian kedua yang semoga dapat segera ditulis. Selamat mencoba, para pembelajar!

Related

Tips 2226882338618784640

Post a Comment

  1. Playdate penting agar anak gak main gadget mulu ya mbak

    ReplyDelete
  2. Playdate bagus banget, buat belajar kerja team, share, dan leadership. Bikin anak aktif juga, makasih sudah share bu.

    ReplyDelete
  3. Naksir yang percobaan sains, sama family camping hehehhe asyik ya kalau bisa main bersama dan lupa sejenak dengan gadget

    ReplyDelete
  4. Wah anak2ku baru sekali ikut playdate nya. Colek ya kalo ada lagii

    ReplyDelete
  5. Wah..ternyata butuh playdate yg kreatif gini yak biar lepas gadget sejenak. Menarik banget..nih

    ReplyDelete
  6. Wah cucok deh idenya bisa dicontoh aku kan juga punta pra remaja nih hehr

    ReplyDelete
  7. Wah seru2 ya acaranya. Mau dong dikabari kalau ada playdate lagi ��

    ReplyDelete
  8. Seru banget ya kegiatan playdatenya, belajar sambil bermain..

    ReplyDelete

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

Member of

Member of

Part of

Blogger Perempuan

Member of

Member of
Blogger Perempuan Semarang

Follow by Email

Random Artikel

item